Padang,  (Antara) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan tiga menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II menghadiri pembukaan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke XV di GOR H Agus Salim Padang.

         Kegiatan gelar TTG akan dibuka Menko Kesra Agung Laksono, tapi ikut hadir Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menristek RI Gusti Muhammad Hatta yang hadir lebih awal, kata Irwan Prayitno di Padang, Rabu malam.

         Ia menjelaskan, sekitar belasan orang para gubernur sudah mengkonfirmasi kehadirannya, bahkan H-1 pelaksanaan sebagian telah datang.

         Sedangkan persiapkan arena sudah hampir rampung dengan pesona stand cukup bagus, yang jumlahnya dipersiapkan penyelenggara sampai 320 stand.

         Pelaksanaan gelar TTG Nasional ke XV dipercayakan menjadi tuan rumah Sumbar tentu suatu kebahagian dan kebanggan, karena semakin memberi kepercayaan masyarakat luar daerah ke Ranah Minang.

         Sebab, sejak pasca gempa 2009 dan tsunami 2010 pergerakan ekonomi Sumbar melambat, karena masih adanya kekhawatiran masyarakat luar datang untuk berkunjung.

         Gubernur berharap, ke depan berbagai kegiatan tingkat nasional baik dari lembaga maupun kementerian dapat dilaksanakan di Sumbar, sehingga kembali pandangan positif masyarakat luas.

         "Melalui momentum TTG Nasional kali ini, tentu dapat menjadi motivasi bagi masyarakatuntuk melahirkan rekayasa teknologi dalam berbagai sektor," ujarnya.

         Gubernur dalam kesempatan itu menyampaikan beragamnya potensi wisata alam, bahari dan sejarah serta kuliner di Sumbar, sehingga dapat dinikmati para pengunjung dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota.

         "Bagi Sumbar gelar TTG Nasional juga merupakan kunjungan wisatawan. Makanya bagi para tamu agar menghabiskan uang untuk oleh-oleh dibawa  pulang nanti. Bagi yang sayang istri, belilah produk khas Sumbar," kata Irwan disambut tawa para peserta.

         Dalam pelaksanaan TTG Nasional ke XV ini, tambah dia, diharapkan dapat menghasil upaya dan langkah-langkah ke depan sesuai dengan direncanakan.(sir)


Pewarta : 6
Editor :
Copyright © ANTARA 2024