Kabupaten Agam Peringkat Tiga Besar Porprov Sumbar

id Porprov koniagam

Lubuk Basung, (Antara) - Kabupaten Agam, berhasil meraih peringkat tiga besar saat Pekan Olahrga Provinsi (Porprov) XIV yang digelar di Kota Padang pada 19 sampai 29 November 2016.

Berdasarkan data panitia Porprov XIV Padang, Agam berada pada peringkat tiga setelah meraih 62 medali emas, 59 medali perak dan 65 medali perunggu.

Perolehan medali Kabupaten Agam dibawah Kota Padang sebanyak 206 emas, 128 perak, 92 perunggu dan Kota Bukittinggi sebanyak 67 emas, 80 perak dan 63 perunggu.

"Perolehan ini sesuai dengan target KONI Kabupaten Agam dan kita cukup berbangan dengan perolehan ini," kata Ketua Kontingen Kabupaten Agam, Setyo Pranoto mengatakan, Kotingen Kabupaten Agam

Cabang olahraga yang menyumbangkan medali itu yakni, angkat berat sebanyak 25 medali emas, 11 medali perak dan 11 medali perunggu. Tarung derajat sebanyak tiga medali emas, empat medali perunggu. Dayung sebanyak enam medali emas, 11 medali perak dan tiga medali perunggu.

Sementara tenis meja sebanyak tiga medali emas dan satu medali perak. Bola voli sebanyak satu medali perak, menembak sebanyak dua medali perak dan dua medali perunggu. Taekwondo sebanyak dua medali emas dan satu medali perak.

Lalu, panahan sebanyak dua medali perak, sepak takraw sebanyak satu medali perak dan tiga mdali perunggu dan lainnya.

Ketua KONI Agam Andri Tanjung, merasa bangga atas prestasi yang diraih duta olahraga Kabupaten Agam.

"Saya sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Agam. Kota Padang memang juara umum, tapi kita bertanding layaknya sebagai sang juara," katanya.

Ini menjadi prestasi terbaik Agam selama ikut di pesta terakbar di Sumbar tersebut. Pada Porprov Limapuluh Kota, Agam hanya berada pada posisi lima dengan meraih 36 emas, 32 perak dan 39 perunggu dan masih ada cabor lainnya meraih medali.

Dua tahun berikutnya di Dharmasraya, prestasi Agam meningkat yang berada diposisi empat dengan meraih 46 emas, 38 perak dan 57 perunggu.

Sementara itu, Bupati Agam, Indra Catri juga menyampaikan pujian kepada atlet-atlet Agam. Ia mengapresiasi perjuangan dan semangat atlet saat berjuang di medan laga dan mempersembahkan medali bagi Agam.

Saya menguucapkan selamat kepada seluruh kontigen, khususnya buat atlet-atlet Agam. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua atlet yang telah memberikan dukungan penuh kepada anak-anak mereka tampil membela Agam, katanya.

Indra Catri juga mengapresiasi KONI Agam dan Pengurus Cabang Olahraga yang bekerja sangat maksimal dalam membina atlet Agam. Prestasi yang kita raih ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan KONI Agam dan Pengcab, ujarnya.

Bupati berharap seluruh kontingen tidak larut dalam euphoria kemenangan. Ia mengimbau seluruh atlet, pelatih dan official terus berlatih agar prestasi yang lebih membanggakan lagi bisa diraih.

Kita jangan berpuas diri sampai disini saja. Atlet yang meraih medali, teruslah latihan menambah kemampuan, sehingga bisa berkiprah lebih jauh lagi untuk membanggakan Kabupaten Agam, Sumbar, bahkan Indonesia. Porprov ini adalah batu loncatan untuk bisa berprestasi lebih tinggi lagi. Atlet yang belum meraih medali, jangan berputus asa. Latihan dan latihan lagi. Semoga di Porprov berikutnya dapat meraih prestasi yang membanggakan, imbaunya. (ari)