Padang Panjang (ANTARA) -
Tingkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pemerintah kota Padang Panjang, Sumatera Barat, melalui Dinas Kesehatan luncurkan Integrasi Layanan Primer (ILP) tingkat Kota Padang Panjang di seluruh Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Posyandu kota itu.
 
Pj. Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, menyebutkan ini menjadi awal dari langkah maju peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih luas dan merata, untuk mewujudkan masyarakat Padang Panjang yang sehat dengan melibatkan berbagai unit layanan kesehatan seperti puskesmas, pustu bahkan posyandu dengan berfokus pada aktivitas promotif dan preventif," kata Sonny.
 
Menurut dia, Penerapan ILP di Puskesmas memang sudah menjadi keharusan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Sekaligus mengejar pencapaian target-target di sektor ini. Di samping memperbaiki tata kelola di unit layanan kesehatan itu sendiri.
 
"Kedepan dilakukan pembenahan dan penyempurnaan di segala lini, agar konsep ILP ini berjalan dengan semestinya. Misalnya di level posyandu tentu ada perubahan, ada standar yang diperbaharui, maka segera siapkan kader-kader agar mampu bertugas sesuai standar yang telah ditetapkan," harap dia. 
 
Ia menambahkan, agar pelayanan ini benar-benar dirasakan masyarakat dan meningkat di setiap puskesmas, harus dilakukan evaluasi, untuk mengetahui dan yang patut untuk dilengkapi.
 
Kabid Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Barat, Syaiful Jamal, SKM, M.Si, mengatakan penerapan ILP keharusan yang dimiliki setiap layanan kesehatan yang ada di Sumatera Barat. ILP bertujuan meningkatkan layanan dan memudahkan masyarakat.
 
"Jangan sampai tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak terlayani kesehatannya, karena ILP inilah yang memudahkan pelayanan kita ke masyarakat," kata dia.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, dr. Faizah, menyebutkan pelayanan ILP ini sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun dengan masa orientasi. Dilanjutkan dengan sosialisasi serta kaji banding dengan pemerintahan daerah lain, hingga saat ini baru diresmikan.
 
"Kita berharap dengan adanya ILP ini mampu meningkatkan Standar Pelayanan Masyarakat (SPM) di Kota Padang Panjang," harap Faizah.
 
ILP diresmikan Pj. Walikota, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si di Aula UPTD Puskesmas Kebun Sikolos, Senin (30/9) dan dihadiri Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumbar, Syaiful Jamal, SKM, M.Si, Ketua DPRD, Imbral, SE, Forkopimda, camat, lurah, LPM dan undangan lainnya. 

Pewarta : Isril Naidi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024