Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) beserta jajaran menghadirkan berbagai layanan publik gratis untuk masyarakat di Kota Padang selama dua hari berturut-turut yakni Sabtu dan Minggu (4/8).

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ruliana P Harsiwi di Padang, Minggu, mengatakan kegiatan sengaja digelar di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Padang agar layanan dapat diakses oleh masyarakat secara luas.

"Kegiatan ini digelar oleh Kanwil Kemenkumham Sumbar dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024 di Sumbar," kata Ruliana di Padang.

Ia mengatakan, selama dua hari pengunjung pusat perbelanjaan yang bernama Plaza Andalas dapat mengakses berbagai layanan dari Kemenkumham Sumbar beserta jajaran secara langsung.

Pelayanan tersebut meliputi konsultasi dan pendaftaran kekayaan intelektual berupa merek, cipta, paten, desain industri, dan indikasi geografis.

Kemudian layanan konsultasi dan pendaftaran administrasi hukum umum berupa apostille dan perseroan perorangan, serta konsultasi hukum secara gratis.

Pada bidang Keimigrasian warga dapat mengakses layanan pembuatan paspor lewat program Eazy Paspor, serta melakukan tanya-jawab tentang prosedur pembuatan paspor dan kunjungan ke luar negeri kepada petugas secara langsung.

"Kami senang karena kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat, pengunjung tampak antusias mendatangi stan-stan yang kami dirikan," katanya.

Ruliana mengatakan di lokasi acara pihaknya juga turut memamerkan berbagai produk kerajinan atau karya yang dibuat oleh para narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Berbagai produk tersebut di antaranya adalah gelang, cincin, dan berbagai kerajinan tekstil yang bisa dibeli langsung oleh pengunjung.

"Dalam event ini pun kami turut menggandeng para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memajang produk unggulannya masing-masing," jelas perempuan yang pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM di Kepulauan Riau.

Kegiatan dihadiri langsung oleh pimpinan tinggi Kemenkumham Sumbar yaitu Kepala Divisi Administrasi Ramelan Suprihadi, Kepala Divisi Keimigrasian Novianto Sulastono, dan Sekretaris Dinas Pariwisata Sumatera Barat Hendri Fauzan selaku undangan.

Ruliana berharap kegiatan event serta pelayanan yang diberikan pihaknya dapat berdampak positif bagi peningkatan kualitas serta pemahaman masyarakat agar kreatif dan berbudaya hukum.

Hal itu sejalan dengan tema yang diangkat pada peringatan Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024 yakni "Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045".

Kegiatan ditutup pada Minggu dengan acara hiburan serta mengajak para pengunjung untuk bermain Kesenian Irama Minang (KIM) bersama-sama. 

Pewarta : Fathul Abdi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024