Painan, (Antaranews Sumbar) - Program pembangunan kawasan pedesaan menjadi program prioritas Pemkab Pesisir Selatan  untuk pengembangan dan peningkatan ekonomi pedesaan dan upaya pemerataan pembangunan . 

"Ini disinkronkan dengan program pemerintah nagari  yang anggarannya juga bersumber dari dana desa, " kata  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Hamdi di Painan, Selasa.


Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada  2018 memfokuskan program pembangunan Kawasan Pedesaan dengan menjadikan  empat kecamatan sebagai  sasaran program  yaitu  Kecamatan Bayang Utara  berupa pertanian organik, Batang Kapas dengan  perkebunan durian, Pancung Soal dan Air Pura untuk sentra jagung.

Ia mengatakan  selain empat kecamatan yang menjadi fokus proga,  pembangunan di kawasan wisata juga di lakukan, salah satunya Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

" Jika telah ditetapkan sebagai kawasan pembangunan kawasan pedesaan, program tersebut ditindaklanjuti dengan  rencana  aksi nagari yang berada dalam kawasan  oleh dinas terkait," katanya.


 

Pewarta : Didi Solmedi
Editor : Mukhlisun
Copyright © ANTARA 2024