Bupati Pasaman, Benny Utama,  yang mendampingi isteri tercinta, Ny Susi Andam Dewi Benny Utama memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Camat baru Rao, Awaluddin,  dari sebelumnya dijabat oleh Kaharuddin, Kamis (5/3).

Juga hadir, Ketua DPRD Pasaman Yasri, anggota DPRD Pasaman dapil 5, yakni Sarjan Lubis (Fraksi NasDem), Kumpul Ritonga (fraksi PKB) dan Alifia (Golkar), para kepala SKPD, para camat, Walinagari dan tokoh masyarakat Rao.

Kegiatan ini, merupakan sertijab pejabat camat keenam, pasca pelantikan camat beserta pejabat eselon II, III dan IV oleh Bupati Pasaman beberapa waktu lalu.

Bupati Pasaman Benny Utama mengatakan, pelantikan kali ini dibungkus dengan kunjungan kerja (kunker) ke kecamatan. Itu dilakukan untuk melihat aplikasi pembangunan selama empat tahun terakhir diseluruh pelosok nagari.

Selain untuk menyapa, melihat kondisi real masyarakatnya diberbagai pelosok, kunker itu juga bertujuan menyerap aspirasi masyarakatnya secara langsung.

Khusus pelantikan, ia mengatakan, bahwa mutasi, tujuannya untuk mendorong agar aparatur pemerintahan dapat bekerja lebih baik ke depan. Mampu menciptakan inovasi serta terobosan untuk memakmurkan masyarakat.

"Mutasi, rotasi hal yang lumrah terjadi. Itu biasa, untuk menyegarkan pejabat bersangkutan sehingga muncul inovasi baru dalam bidang tugasnya," katanya.

Bupati, pada kesempatan itu juga menyempatkan untuk sampaikan beragam program serta kebijakan jitunya kepada masyarakat setempat selama memimpin Pasaman.

Seperti, program pendidikan gratis 12 tahun. Khusus program ini, kata bupati, pada tahun 2015, Pemkab Pasaman sedikitnya menganggarkan dana sebesar Rp14 miliar untuk mendukung program itu.

Selanjutnya, juga ada program Bimbel gratis untuk anak-anak tingkat SMA. Dana untuk ini, dialokasikan dari APBD sebesar Rp16 miliar.

"Ini adalah cara kita untuk mencerdaskan anak-anak di Pasaman. Mereka yang miskin, mendapat hak untuk mengenyam pendidikan, sama dengan mereka yang mampu," tukasnya.

Selain itu, berbagai capaian serta keberhasilan dibidang pembangunan juga ia utarakan. Diantaranya, program pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan hingga sarana prasarana lainnya, sangat membantu geliat ekonomi masyarakat.

"Pembangunan berkesinambungan adalah cara kita untuk mewujudkan masyarakat Pasaman yang maju serta berkeadilan. Secara perlahan dan pasti, Insya Allah, semua itu dapat kita realisasikan, jika kita tetap bersatu padu," sebutnya.

Dapat dukungan dari warganya, Ia pun menyampaikan rasa terima kasih, serta apresiasi tinggi atas dukungan tersebut. Ia pun menyatakan siap mengemban amanah tersebut nantinya.

"Jika diberi rejeki lagi, kenapa tidak. Saya siap kembali memimpin Pasaman ke depan, tujuannya cuma satu mengabdi untuk mensejahterakan masyarakat," pungkasnya. (eko)


Pewarta : 127
Editor :
Copyright © ANTARA 2024