Jakarta (ANTARA News) - Partai Solidaritas Indonesia meminta Panja RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan DPR RI menyerap aspirasi Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). 

"Aspirasi PGI terhadap poin-poin dalam RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan harus diserap. PSI mendorong adanya dialog antara PGI dan Panja RUU," kata jubir PSI Guntur Romli di Jakarta, Selasa. 

Dia mengatakan pihaknya mendukung RUU Pesantren dan Pendidikan Agama, karena pesantren dan pendidikan dari lembaga-lembaga agama memiliki kontribusi penting terhadap berdirinya bangsa. 

Namun terkait keberatan PGI atas beberapa poin antara lain pendidikan sekolah Minggu dan Katekisasi serta jumlah syarat mendirikan pendidikan keagamaan dengan peserta didik paling sedikit 15 siswa seperti yang diatur RUU, perlu mendapatkan perhatian. 

Sekretaris Eksekutif PGI Pdt Henrek Lokra mengemukakan, di dalam gereja, pendidikan sekolah Minggu adalah bagian proses ibadah bagi anak-anak. 

Sehingga PGI merasa sekolah Minggu tidak perlu dimasukkan dalam RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan melainkan cukup dikhususkan bagi pendidikan pesantren saja. 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018