Kemarin, awal Ramadhan hingga Pertukaran Mahasiswa Merdeka

id vaksinasi lansia

Kemarin, awal Ramadhan hingga Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Lansia berusia 102 tahun, Inna Wati yang menerima suntikan vaksin COVID-19 di Puskesmas Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Minggu (11/4/2021). . ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin yang menarik perhatian dan layak dibaca pagi ini, diantaranya penetapan awal Ramadhan, peringatan untuk mewaspadai banjir, vaksinasi lansia di bulan Ramadhan, dan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Pemerintah tetapkan awal Ramadhan jatuh pada Selasa

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau Ramadhan 1442 Hijriyah/2021 Masehi jatuh pada Selasa (13/4), setelah diputuskan dalam sidang isbat pada Senin.

"Keputusan sidang isbat tanpa ada perbedaan. Bersepakat dan menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat konferensi pers penetapan sidang Isbat yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Kemenkes buka sentra vaksinasi percepat vaksin lansia di Bulan April

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempercepat vaksinasi COVID-19 untuk sasaran masyarakat prioritas, yakni kaum lanjut usia (lansia) pada Bulan April 2021, dengan membuka sentra-sentra vaksinasi.

"Pada Bulan April ini, sejumlah strategi yang sudah kami lakukan dalam rangka akselerasi vaksinasi lansia adalah dengan terus membuka sentra-sentra vaksinasi di seluruh Indonesia untuk memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi di tempat tinggal yang terdekat," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Senin.

Bibit siklon tropis, BMKG ingatkan masyarakat waspadai banjir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat mewaspadai terjadi banjir, karena adanya bibit siklon tropis 94W di sekitar Pasifik Barat sebelah utara Papua.

"Tanggal 12 April 2021 (07.00 WIB) terbentuk bibit siklon tropis 94W di sekitar Pasifik Barat sebelah utara Papua, tepatnya -5,8 LU -141,1 BT yang termasuk sebagai wilayah monitoring TCWC Jakarta," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa.

Tarawih pertama seribuan jamaah padati Masjid Al-Markaz Makassar

Sekitar seribuan jamaah mengikuti Shalat Tarawih pertama Ramadhan 1442 Hijiriah di Masjid Al Markaz Al Islami di jalan Mesjid Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin malam.

Meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19, tidak menyurutkan semangat dan antusias jamaah untuk melaksanakan Shalat Tarawih, mengingat pada tahun lalu ditiadakan oleh pemerintah karena kondisi tidak memungkinkan.

Kemendikbud luncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, yakni program pertukaran mahasiswa baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di Tanah Air.

“Selama satu semester mahasiswa akan pindah dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mengeksplorasi keragaman budaya daerah tujuannya, memperkenalkan kebudayaan asalnya, dan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi penerima,” ujar Nadiem yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin

Menaker ingatkan pengusaha ada denda dan sanksi jika tidak bayar THR

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauizyah mengingatkan para pengusaha tentang denda dan sanksi yang dikenakan jika tidak melakukan kewajiban membayar tunjangan hari raya kepada karyawannya.

"Saya tekankan bahwa THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lama tujuh hari sebelum hari raya keagamaan pekerja atau buruh yang bersangkutan," kata dia dalam konferensi pers virtual Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang dipantau dari Jakarta pada Senin.
 

Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar