15 ton logistik bantuan dikirim ACT Sumsel ke Sulbar dan Kalsel

id Act sumsel, kapal kemanusiaan, sekda palembang, truk logistik act, gempa sulbar, banjir kalsel, pelabuhan bangka

15 ton logistik bantuan dikirim ACT Sumsel ke Sulbar dan Kalsel

ACT Sumsel dan Sekda Palembang Ratu Dewa di Palembang, Sabtu (6/2/2021) melepas truk logistik menuju Sulawesi Barat. ANTARA/Aziz Munajar.

Palembang (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirimkan 15 ton logistik bantuan dari warga di Sumatera Selatan untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Bantuan tersebut dikirimkan dari Kota Palembang, Sabtu, menggunakan dua truk menuju pelabuhan di pesisir Sumsel untuk selanjutnya dikirim dengan kapal kemanusiaan ke Sulbar bergabung dengan bantuan logistik dari Bangka Belitung.

"Bantuan ini berisi sembako, 'diapers' (popok) dan air mineral, ada juga bantuan dana tunai senilai yang terkumpul selama satu bulan terakhir," kata Head of Marketing ACT Sumsel Yokohama saat pelepasan.

Menurut dia bantuan yang akan sampai ke Sulbar dalam dua hari tersebut masih termasuk tahap tanggap darurat yang disalurkan untuk memenuhi kebutuhan logistik para korban pasca-bencana.

Selanjutnya ACT masih akan menghimpun donasi untuk tahap pemulihan guna membangun hunian bagi para korban gempa di Sulbar.

Donasi yang dikirimkan itu berasal dari kalangan individu, pelaku usaha, instansi maupun perusahaan di 17 kabupaten/kota yang menyerahkan logistik langsung ke kantor cabang ACT Sumsel maupun donasi digital.

Bantuan lanjutan dapat dikirimkan donatur ke kantor Aksi Cepat Tanggap di Jalan Jendral Sudirman KM 3,5 (seberang SMAN 3 Palembang) atau transfer ke rekening Mandiri 1270007816612 Atas nama Aksi Cepat Tanggap.

"ACT Sumsel menyampaikan terima kasih kepada para donatur serta berharap donasi akan berkelanjutan sampai ke tahap pemulihan untuk korban bencana di Sulbar dan Kalsel," kata Yokohama.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa saat melepas truk logistik mengapresiasi upaya ACT Sumsel menggalang bantuan untuk korban bencana di Kalsel dan Sulbar yang notabene jauh dari wilayah Sumsel.

"Artinya kita tidak hanya membantu orang-orang di wilayah Sumsel saja namun juga daerah Indonesia lainnya, semoga bisa menjadi contoh untuk aksi-aksi kemanusiaan," katanya.

Baca juga: ACT Sumsel bantu paket pangan ke penyandang disabilitas

Baca juga: ACT Sumsel jalankan gerakan Bangkit Bangsaku di Sumsel

Baca juga: ACT Sumsel perbanyak pojok donasi LSP

 

Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar