Bamsoet dorong Kemenkes terus beri dukungan moril tenaga medis

id Ketua MPR Bambang Soesatyo, tenaga medis,aa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Relawan 4 Pilar dan Gerak BS menyalurkan bantuan tahap II ratusan alat penunjang kesehatan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. ANTARA/Handout

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan terus memberikan dukungan penuh bagi tenaga medis, menyusul munculnya dampak buruk kesehatan mental tenaga medis di masa pandemi COVID-19.

"Saya mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, tetap melakukan pembinaan dan memberikan dukungan, baik moril maupun materil, kepada seluruh tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan dalam menangani COVID-19," ujar Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan Kemenkes perlu menjelaskan beban tugas tenaga kesehatan kepada masyarakat, sehingga tidak ada stigma negatif kepada tenaga medis.

Dia juga mendorong agar seluruh pihak dapat bijak dan cermat dalam memilih informasi, termasuk menggunakan m media sosial, dan tidak menyebarluaskan informasi hoaks atau yang belum terbukti validitasnya terkait COVID-19.

Sementara terhadap pelaku yang abai terhadap tata cara berkomunikasi menyampaikan informasi yang benar dan baik agar ditindak tegas sesuai perundangan.

Bamsoet juga mendorong pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, memberikan layanan pemeriksaan mental dan pendampingan oleh psikiater secara gratis kepada tenaga kesehatan serta memberikan asupan gizi yang cukup kepada tenaga kesehatan agar mereka dapat bekerja dengan kesehatan mental maupun fisik yang baik.

Selain itu Bamsoet juga mengimbau kepada masyarakat untuk mendukung agar seluruh tenaga kesehatan di Indonesia tetap berkomitmen dalam menjalankan tugasnya berjuang melawan pandemi COVID-19.

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar