Pemprov Babel matangkan persiapan kunjungan Presiden Jokowi

id Presiden Jokowi, Kepulauan Babel, tanam mangrove, panen padi sawah

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Naziarto saat memimpin rapat koordinasi persiapan kunjungan Presiden RI di Pangkalpinang, Minggu. (Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri puncak peringatan Hari Mangrove se-Dunia di hutan mangrove Kunjang Kabupaten Bangka Tengah pada 5 Agustus 2020.

"Kita harus mempersiapkan diri sebaik dan sematang mungkin, karena waktu kunjungan Presiden Jokowi ke hutan mangrove Kunjang Bangka Tengah dan panen perdana padi sawah di Rias Bangka Selatan yang semakin dekat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto saat memimpin rapat koordinasi persiapan kunjungan Presiden RI di Pangkalpinang, Minggu.

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan sapi kurban seberat 1 Ton ke Masjid Istiqlal

Ia mengatakan Presiden Jokowi beserta rombongan diagendakan melakukan penanaman mangrove di hutan mangrove Kunjang Kecamatan Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka memperingati Hari Mangrove se-Dunia.

"Pada kegiatan penanaman mangrove tersebut, Bapak Presiden Jokowi akan menyerahkan SK hutan sosial (SK hijau) dan SK tora (SK biru) kepada masyarakat penerima izin di regional Sumatera," ujarnya.

Setelah itu, Presiden Jokowi beserta rombongan akan menghadiri panen perdana padi sawah di Desa Rias dan peresmian Bendungan Metukul di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami berharap Dirlantas untuk memperhatikan setiap jalan persimpangan agar masyarakat tidak sembrono menyelonong, sehingga acara dapat berjalan lancar, tertib, dan aman," katanya.

Menurut dia, untuk pengamanan selama kehadiran Presiden Jokowi, Pemprov Kepulauan Babel akan menurunkan kurang lebih 173 personel gabungan TNI, Polda, dan Satpol PP.

Baca juga: Kepada Jokowi, Presiden Abbas sampaikan proses rekonsiliasi Palestina

Baca juga: Presiden Jokowi telepon Raja Salman sampaikan ucapan selamat Idul Adha


"Kami berharap pada saat penanaman mangrove nanti, UMKM kecil berprestasi ditingkat provinsi, nasional hadir,” katanya.

Komandan Korem (Danrem) 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto dalam kesempatan itu memaparkan persiapan pengamanan. Pihaknya dibantu oleh beberapa kesatuan, baik Paspampres, TNI/Polri, dan Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap melakukan pengamanan saat Presiden RI datang ke daerah itu.

"Kami telah membuat simulasi pengamanan serta telah melakukan peninjauan di titik-titik lokasi yang telah ditentukan," katanya.

Pada rakor persiapan kunjungan Presiden Jokowi dihadiri Korem 045/Gaya, Kadis Kominfo Babel, Kasat Pol PP, Kadis Kesehatan Babel, Kadis Perhubungan Babel, Kadis Kehutanan Babel, Kadis Pertanian Babel, Kadis PUPR Babel, dan Karo Umum Pemprov Kepulauan Babel.

Baca juga: Babel rakor persiapan kunjungan Presiden Jokowi di mangrove Munjang

Pewarta : Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar