PSSI: Shin Tae-yong bisa ke Indonesia karena kerjakan proyek strategis

id timnas indonesia,pssi,mochamad iriawan,timnas u19,kualifikasi piala dunia,shin tae yong

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan mengenai perkembangan tim nasional dan kabar manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (26/6/2020). (ANTARA/Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa manajer pelatih tim nasional Shin Tae-yong dan koleganya di kepelatihan timnas bisa datang ke Indonesia karena sedang mengerjakan proyek strategis nasional.

"Jadi kami rasa Shin Tae-yong tidak terhambat masuk ke Indonesia karena dia orang asing yang bekerja di proyek strategis," ujar Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Shin Tae-yong bersurat ke PSSI pastikan segera kembali ke Indonesia

Pemerintah Indonesia tidak mengizinkan begitu saja orang non-WNI masuk ke wilayahnya karena situasi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Tanah Air.

Kementerian Hukum dan HAM telah mengeluarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.

Ayat 1 pasal 3 regulasi tersebut menyatakan bahwa, pelarangan sementara orang asing untuk memasuki/transit di wilayah Indonesia dikecualikan terhadap:

a. Orang asing pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap;
b. Orang asing pemegang visa diplomatik dan visa dinas;
c. Orang asing pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas;
d. Tenaga bantuan dan dukungan medis, pangan dan alasan kemanusiaan;
e. Awak alat angkut; dan
f. Orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis nasional.

Kemudian, ayat kedua pasal yang sama menyebutkan, orang asing yang akan ke Indonesia harus bersedia masuk karantina selama 14 hari yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: PSSI bersedia bicarakan TC ke Korea Selatan dengan Shin Tae-yong
Baca juga: Shin Tae-yong belum beri peta jalan program timnas senior


Shin Tae-yong dan rekan-rekannya disebut bersedia menjalani karantina di Indonesia selama 14 hari.

PSSI menegaskan bersedia mengakomodasi semua keperluan Shin Tae-yong ketika kembali ke Indonesia.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk proses ia kembali ke Indonesia," tutur Mochamad Iriawan.

Shin Tae-yong dan empat koleganya di staf pelatih timnas Indonesia yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong serta Gong Oh-kyun kini masih berada di Korea Selatan. Mereka sudah di sana sejak April 2020.

Nantinya, mereka akan menangani latihan timnas senior dan U-19 Indonesia yang berlaga di turnamen internasional mulai Oktober 2020.

Baca juga: PUPR belum buat rencana anggaran renovasi stadion Piala Dunia U-20
Baca juga: Exco PSSI maklum dengan klub yang keberatan lanjutkan liga


Timnas Indonesia akan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Timnas U-19 ini diproyeksikan menjadi timnas U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

 

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar