Satgas Tanggap COVID-19 BUMN bantu APD ke Pemprov Jatim

id Satgas Tanggap COVID-19 BUMN, Satgas BUMN, BUMN Untuk Indonesia,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Penyerahan bantuan Satgas Tanggap COVID-19 BUMN ke Pemprov Jatim, Selasa (5/5/2020) (Antara/H.O Petrokimia Gresik)

Surabaya (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 BUMN Jawa Timur memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) ke sejumlah rumah sakit melalui Pemprov Jatim sebagai upaya menunjukkan peran BUMN dalam penanganan pandemi COVID-19 di seluruh daerah di Indonesia.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, selaku koordinator Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim, Rahmad Pribadi di Surabaya, Selasa mengatakan bantuan tersebut sesuai instruksi Menteri BUMN Erick Thohir yang secara tegas meminta seluruh BUMN untuk mengambil peran terhadap penanganan pandemi COVID-19 di seluruh daerah di Indonesia.

"Sebagai koordinator Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim, kami telah membagi tugas dan peran ke seluruh BUMN yang berlokasi atau memiliki kantor perwakilan di Jatim untuk berkontribusi. Salah satunya dengan membantu penyaluran bantuan ke berbagai daerah di Jatim," katanya.

Rahmad mengatakan Satgas Tanggap BUMN Jatim juga bekerja sama dengan pemerintah kabupaten atau kota agar pendistribusian bantuan dapat menyentuh seluruh sektor.

Baca juga: Telkom serahkan bantuan pelanggan dan karyawan ke Posko COVID-19 BUMN

Baca juga: Petrokimia Gresik beri APD ke Satgas COVID-19 BUMN Jatim


Sementara itu, bantuan yang diberikan antara lain 1000 APD, 500 masker N95, 600 pasang nitril gloves, 2.000 pasang baju pelindung, 500 pasang sepatu boots, 300 buah pelindung wajah, 10 kota pmbersih tangan, dan 200 apron plastik.

Ia berharap bantuan ini dapat melindungi  tenaga medis, sebab peran mereka sangat penting mengingat kasus positif COVID-19 di Jatim yang terus meningkat, sehingga kebutuhan APD pun semakin tinggi.

"Tenaga medis itu merupakan barisan terdepan dalam penanganan pasien COVID-19, untuk itu kesehatan dan keselamatan mereka harus diperhatikan. Jika keselamatan mereka terjamin, maka penanganan pasien pun akan maksimal," kata Rahmad.

Selain APD, Satgas BUMN Jatim juga memberikan 500 botol pembersih tangan kemasan 250 ml dan 375 jerigen cairan disinfektan kemasan 5 liter, serta, fasilitas penginapan untuk tenaga medis di Posko Hotel Pesonna Surabaya sebanyak 165 kamar.

"Dengan fasilitas ini, tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 tidak perlu pulang sehingga dapat memberikan rasa aman bagi yang bersangkutan maupun keluarga," kata Rahmad.

Sementara itu, bantuan ini melengkapi sederet bantuan yang telah diberikan Satgas BUMN Jatim ke berbagai wilayah.

"Petrokimia Gresik sendiri telah menyalurkan bantuan serupa kepada pemerintah kabupaten dan 32 rumah sakit di Gresik, Lamongan, Jember, Ngawi, Sidoarjo, Tulungagung, Malang, Lumayang, Probolinggo, Sutibondo, Madura dan lain sebagainya," katanya.

Ia berharap, langkah dan bantuan yang telah diberikan dapat berkontribusi menekan laju penularan COVID-19 di Jatim.*

Baca juga: Kementerian BUMN katakan RS COVID-19 di Simprug rampung pekan depan

Baca juga: Rumah singgah tenaga medis penanganan COVID-19 RSPP siap digunakan

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar