KCN dukung penuh Program Tol Laut

id Kcn,Pelabuhan marunda,Tol laut

Pekerja menggunakan alat berat melakukan bongkar muat batu bara di pier 1 Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN), Marunda, Jakarta Utara, Senin (29/10/2019). PT Karya Citra Nusantara (KCN) akan melanjutkan penyelesaian pembangunan dermaga (pier) 2 dan 3 Pelabuhan Marunda yang merupakan Proyek Strategis Nasional pasca dikabulkannya kasasi yang diajukan oleh KCN atas gugatan yang sebelumnya diajukan oleh PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan ditargerkan rampung pada 2023. ANTARA FOTO/Galih Pradipta (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) -- Pengelola Pelabuhan Marunda, PT Karya Citra Nusantara (KCN), mendukung program tol laut yang dicanangkan oleh pemerintah. Menurut Direktur Utama KCN, Widodo Setiadi, Pelabuhan Marunda akan terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam upayanya untuk mendukung program tol laut.

"Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan bersedia menjalankan konsesi dengan Kemenhub RI," ujar Widodo, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Widodo menjelaskan, setiap tahunnya, KCN menyumbangkan lima persen dari total pendapatan dari Pelabuhan Marunda kepada negara. 

"Selanjutnya, pada akhir masa Konsesi seluruh asset Pelabuhan beserta fasilitasnya akan diberikan dan menjadi asset bagi NKRI," kata dia.

Seperti diketahui, Tol Laut adalah konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Selain hal itu, pemerataan harga Logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia. 

Dikutip dari pidato Presiden Jokowi pada 5 April 2016, "Tol Laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun," tutur Presiden.

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar