Kapal ini cuma ada sembilan di Indonesia, Kabupaten Kapuas menjadi salah satu daerah yang mendapatkan kapal susur sungai
Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perhubungan setempat, akan mendapatkan hibah kapal susur sungai dari Kementerian Perhubungan pada November 2020.

"Kapal ini cuma ada sembilan di Indonesia, Kabupaten Kapuas menjadi salah satu daerah yang mendapatkan kapal susur sungai. Sesuai jadwal akan diterima pada bulan November 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Vitrianson di Kuala Kapuas, Selasa.

Baca juga: NTT dapat hibah dua kapal dukung Program Logistik Ikan Nasional


Menurut dia, pengadaan Kapal Pelayaran Rakyat dari Kemenhub tersebut sebagai wujud tanggung jawab pemerintah guna terjaminnya kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat yang ingin menikmati wisata susur sungai di daerah setempat.

"Diharapkan mampu menciptakan angkutan sungai yang aman, selamat dan terjangkau bagi masyarakat Kabupaten Kapuas," kata dia.

Dikatakannya, fasilitas di kapal tersebut sudah lengkap dan memadai untuk digunakan sebagai kapal susur sungai. Kapal itu berukuran panjang sekitar 7,4 meter dan lebar 4 meter.

Selain bisa di sungai, kata dia, kapal tersebut juga bisa dioperasikan di laut karena memiliki peralatan navigasi yang memadai.

Baca juga: Edhy Prabowo sebut Menkeu setujui kapal sitaan dihibahkan


"Kapal tersebut juga bisa digunakan untuk pelayanan medis karena mempunyai fasilitas yang lengkap," ujarnya.

Sementara terkait pengelolaan dan rute susur sungai, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) setempat, untuk memilih lokasi-lokasi maupun rute mana saja yang akan dilalui kapal susur sungai ini.

Sebelumnya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas telah melaksanakan rapat koordinasi dan pertemuan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub di Jakarta terkait hibah kapal tersebut.

Baca juga: Bekasi terima bantuan tiga kapal pembersih sungai

 

Pewarta: Kasriadi/All Ikhwan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020