ACT Madiun siap galang bantuan untuk korban Palestina

id ACT Madiun, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Madiun,posko Palestina,palestina,batuan untuk paalestina,israel,serangan israel ke palestina,jalur gaza

ACT Madiun saat menggelar pertemuan dengan media di kantor ACT setempat di Jalan Thamrin Nomor 95 Kota Madiun, Jumat (15/11/2019) tentang bantuan untuk korban Palestina. (Antara/HO/ACT Madiun)

Madiun (ANTARA) - Organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Madiun siap menggalang bantuan korban serangan di Palestina yang tercatat saat ini sebanyak 32 orang meninggal dunia, sementara 82 orang menderita luka berat dan ringan.

Kepala Cabang ACT Madiun, Soemintoro mengatakan bahwa penderitaan masyarakat Palestina juga menjadi derita semua umat manusia. Duka yang mereka rasakan, juga duka seluruh manusia.

"ACT Cabang Madiun juga turut bersimpatik dan mengecam serangan Israel ke penduduk Palestina. Kami mengajak masyarakat di Madiun dan sekitarnya ikut peduli terhadap penderitaan mereka," ujar Soemintoro di Madiun, Jumat.

Menurut dia, bantuan yang digalang bisa dalam berbagai bentuk. Di antaranya berupa tenaga medis, peralatan medis, bahan makanan pokok, dan juga pakaian.

Baca juga: ACT masifkan bantuan untuk Palestina pascaeskalasi serangan

"Terutama untuk pakaian hangat, karena saat ini di Palestina sedang musim dingin, sehingga para korban banyak yang membutuhkan bantuan pakaian tebal dan hangat," katanya.

Guna menghimpun bantuan tersebut, ACT Madiun akan membuka posko bantuan di kantor ACT setempat di Jalan Thamrin Nomor 95 Kota Madiun.

"Masyarakat yang membutuhkan informasi tentang kondisi Palestina terkini, bisa menghubungi kami di posko yang ada di kantor kami. Dan jika ada yang membutuhkan bantuan untuk menyalurkan, kami juga bersedia membantu menyalurkan," katanya.

Ia menjelaskan, posko juga didirikan di beberapa kegubernuran di Jalur Gaza, khususnya yang berada di dekat perbatasan-perbatasan. Termasuk memberikan layanan kesehatan mobile kepada warga Gaza ke beberapa klinik kecil, sekolah-sekolah, atau pusat-pusat komunitas warga di Gaza.

"ACT juga menyiapkan bantuan medis lanjutan bagi para korban yang membutuhkan penanganan lebih serius atau operasi hingga bantuan penyediaan alat bantu prostetik atau "artificial limbs"," katanya.

Selain itu, lanjut dia, ACT juga akan memberikan bantuan santunan bagi anggota keluarga yang ditinggal wafat karena menjadi korban agresi tersebut. Aksi Cepat Tanggap terus mengajak masyarakat dermawan untuk bersama membantu warga terdampak konflik kemanusiaan di Palestina.

"Sahabat Dermawan dapat berdonasi langsung melalui tautan an tela ada," katanya.

Baca juga: ACT Jatim berikan bantuan medis korban Palestina
Baca juga: ACT ajak masyarakat berdonasi untuk Palestina pasca serangan roket

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar