Kapolda Jateng: 11 tewas tiap hari di jalan raya

id Kapolda jateng rycko

Kapolda Jateng Rycko Amelza Dahniel usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2019 di Semarang, Rabu. (Foto: ANTARA/ I.C.Senjaya)

Semarang (ANTARA) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyebut 11 orang meninggal dunia setiap hari di provinsi ini akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama Januari hingga September 2019.

"Dari hasil analisis dan evaluasi selama Januari hingga September 2019 tercatat 3.167 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas," kata kapolda usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2019 di Semarang, Rabu.

Baca juga: Angka kecelakaan saat arus mudik dan balik di Jateng turun 36 persen

Baca juga: 603 Jiwa Tewas Akibat Kecelakaan di Jateng


Adapun jumlah kejadian kecelakaan selama 2019, kata dia, tercatat mencapai 19.262 kejadian atau rata-rata 71 kejadian setiap harinya.

Selama tahun ini, lanjut dia, tercatat 1,5 juta pelanggaran lalu lintas.

Menurut dia, jumlah yang masih tinggi tersebut masih menjadi bahan evaluasi.

Ia menjelaskan faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut ialah manusia yang tidak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

Oleh karena itu, kata dia, melalui Operasi Zebra Candi 2019 ini diharapkan kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas bisa meningkat.

Dalam operasi yang digelar mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 tersebut, kata dia, selain penegakan hukum juga diprioritaskan pemahaman tentang tertib lalu lintas terhadap pengendara kendaraan bermotor.

Ia juga mengharapkan pengendara kendaraan bermotor menyiapkan berbagai kelengkapan sebelum berkendara.

Baca juga: Polda Jateng siapkan aplikasi "Smile Police" baru


Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar