Bantuan KUBE Rejang Lebong mencapai Rp1,8 miliar

id Kube Rejang Lebong,Pemberdayaan warga miskin

Peserta bimbingan teknis kewirausahaan bagi penerima manfaat teknis kelompok usaha bersama (Kube), sedang diberikan pelatihan pembuatan kacang koro menjadi sebuah produk makanan camilan yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Selasa, (25/6/19). (FOTO ANTARA/Adi Wibowo)

Rejang Lebong (ANTARA) - Bantuan program Kelompok Usaha Bersama (Kube) Rejang Lebong mencapai Rp1,8 miliar , kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Zulfan Efendi.

"Program ini diterima oleh 90 kelompok, di mana per kelompok beranggotakan 10 orang yang berasal dari keluarga miskin, sehingga totalnya penerimanya ada 900 orang," ujarnya yang dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Ia, mengatakan bantuan program Kube ini akan dicairkan pada awal Oktober nanti terdiri dari Kube pedesaan dan Kube perkotaan yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Kalangan warga miskin penerima program Kube ini tambah dia, terdiri dari 40 kelompok Kube pedesaan yang dibiayai APBN, sedangkan 50 kelompok lagi tergabung di Kube perkotaan yang dibiayai oleh dana dekonsentrasi Pemprov Bengkulu.

"Masing-masing kelompok ini akan menerima bantuan modal usaha Rp20 juta atau Rp2 juta per orang dalam setiap kelompoknya." tambah dia.

Baca juga: Mensos ingin bantuan Kube bukan hanya untuk usaha warung

Adapun untuk usaha dari kelompok penerima bantuan ini kata dia, untuk Kube perdesaan akan menggarap usaha sesuai dengan potensi yang ada di desa seperti usaha perikanan, peternakan, kerajinan dan lainnya, sesuai dengan proposal yang mereka ajukan.

Sedangkan untuk kelompok Kube perkotaan seluruhnya akan mengembangkan usaha sektor perdagangan, sesuai dengan arahan Pemprov Bengkulu.

"Saat ini masing-masing kelompok sudah membuka rekening, mereka juga sudah menerima pembekalan baik dari Kemensos RI maupun dari Pemprov Bengkulu," jelas dia.

Baca juga: Program Kube bakal diukur tingkat keberhasilannya
Baca juga: Kemensos beri pengarahan pendamping Kube maksimalkan kinerja

Pewarta : Nur Muhamad
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar