Hingga semester pertama 2019 tercatat sekitar 8.000 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 62 desa dalam enam kabupaten wilayah Provinsi Sumsel yang belum menikmati energi listrik PT PLN
Palembang (ANTARA) - General Manager PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi, Bengkulu (S2JB) Daryono menyatakan pihaknya berupaya memperluas pelayanan listrik di desa dalam wilayah Sumsel dan daerah kerja lainnya.

"Khusus di wilayah Sumsel, kami menargetkan pada 2020 seluruh warga desa di provinsi itu bisa menikmati energi listrik," kata Daryono di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, rasio penggunaan listrik di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu mencapai 91 persen, dengan program perluasan pelayanan listrik desa yang telah berjalan dengan baik selama ini, pada 2020 ditargetkan bisa mencapai 100 persen.

"Hingga semester pertama 2019 tercatat sekitar 8.000 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 62 desa dalam enam kabupaten wilayah Provinsi Sumsel yang belum menikmati energi listrik PT PLN," ujarnya.

Keenam kabupaten di Sumsel yang menjadi target pengembangan pelayanan listrik desa yakni Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Lahat, dan Kabupaten Musirawas.

Program pengembangan pelayanan listrik ke desa terpencil di wilayah Sumsel hampir rampung karena hingga kini hanya puluhan desa yang belum menikmati listrik.

Melihat data jangkauan pelayanan listrik tersebut tinggal sedikit lagi desa yang belum dialiri listrik, pihaknya optimistis seluruh desa bisa dijangkau pelayanan listrik PLN sesuai dengan target yang ditetapkan.

Perluasan jangkauan pelayanan listrik di wilayah kerja PT PLN S2JB sangat memungkinkan karena terus dilakukan penambahan pembangkit listrik baik yang dibangun PLN maupun pihak swasta.

Selain itu, sistem kelistrikan PLN di wilayah Sumatera sekarang ini telah interkoneksi dari Aceh hingga Lampung, jika terjadi kekurangan energi listrik di suatu provinsi akan disuplai dari provinsi yang memiliki kelebihan listrik, kata Daryono.

Baca juga: PLN targetkan 2020 seluruh desa di Sumsel nikmati listrik
 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019