Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan dukungan serta rasa bangga kepada Aulia Putri Nabila, atlet catur asal Lampung yang akan mengikuti kejuaraan berskala internasional.

"Tak semua orang punya kesempatan untuk mengukir prestasi, tunjukkan bahwa kamu (Nabila) yang terhebat," ujar Gubernur Arinal saat menerima kunjungan Aulia Putri Nabila, atlet catur Provinsi Lampung di ruang kerjanya di Kantor Gubernur Lampung di Bandarlampung, Kamis.

Aulia Putri Nabila bersama rekannya Alfanza Eka Wijaya akan mengikuti pertandingan catur tingkat internasional Age Group Chess Championship yang diselenggarakan pada 15 Agustus 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ia mengatakan sebagai putra putri asal Lampung yang membawa nama harum Indonesia di kancah internasional diharapkan bertanding dengan optimal serta mengerahkan penuh kemampuannya.

Selain itu, ia berharap mereka berdua optimistis untuk menang. "Optimistis untuk menang dan juara harus ada. "Harus menang, bawa nama Lampung, nama Indonesia. Saya pesan jaga kesehatan dan pikiran, saya doakan kamu bisa berpresrasi," katanya.

Di sisi lain, sebagai Kepala Daerah di Provinsi Lampung, kemajuan olahraga memang menjadi salah satu perhatian Gubernur Arinal.

Sebagai konsekuensinya, Gubernur Arinal menyebut olahraga di Provinsi Lampung ke depan akan semakin baik, termasuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi ini juga akan mempunyai bus dan kantor sendiri.

"Saya berharap KONI di Provinsi Lampung bisa tersusun dengan baik, ini saya akan bantu. Olahraga di Provinsi Lampung ke depannya harus lebih bagus lagi, dimana kita ketahui juga beberapa cabang sudah menunjukkan prestasinya," katanya.

Sementara itu, Aulia Putri Nabila (14) mengaku sejak masih duduk di bangku sekolah dasar sudah menyukai olahraga catur. "Dari kelas 6 SD memang sudah suka dengan catur," ujar Aulia.

Aulia yang merupakan siswi dari SMA Negeri 1 Bandarlampung ini juga menyebutkan bahwa olahraga catur telah menjadi bagian dari hobi dan karirnya, ditambah dengan dukungan dari orangtua.

Aulia berharap pertemuannya dengan Gubernur Arinal selain memberikan dukungan pada dirinya, juga memberikan dukungan terhadap atlet berprestasi lainnya di Provinsi Lampung. "Semoga Bapak Gubernur Arinal bisa mendukung karir ke depannya," katanya.

Aulia sebelumnya juga telah menjuarai beberapa ajang pertandingan catur dan mendapat gelar prestasi, salah satunya  pernah menjadi juara kedua U-15 Putri Kejurnas Catur 2018 di Provinsi Aceh.

Pendiri Sekolah Catur Lampung, Hendri Gere mengatakan pertandingan catur tingkat internasional Age Group Chess Championship ini merupakan pertandingan catur tingkat Asia Junior dengan usia 18 tahun ke bawah.

Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) yang merupakan wadah atlet-atlet catur berprestasi Indonesia memilih Aulia dan Alfanza dari Sekolah Catur Indonesia untuk mengikuti ajang tersebut.

"Mereka salah satu yang terbaik di Indonesia untuk tingkatan usia mereka. Untuk yang mengikuti ajang internasional ini juga yang mewakili Indonesia harus memiliki prestasi seperti yang dimiliki keduanya," ujarnya.

Hendri menyebutkan peserta ajang tersebut datang dari seluruh Asia dengan jumlah peserta 540 orang. "Dari Indonesia ada 8 orang dan Lampung berkesempatan dapat dua atlet yang akan ikut," ujarnya.

Hendri berharap dengan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung, cabang olahraga catur ke depan akan semakin baik dengan melahirkan para atlet-atlet berprestasi.

"Sekolah catur di Lampung diharapkan didukung penuh oleh pemerintah," katanya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019