Sleman (ANTARA) - Kementerian Urusan Perempuan Republik Islam Afganistan mengunjungi Desa Prima (Perempuan Indonesia Maju Mandiri) Melati Sari, Blendung Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk belajar tentang pemberdayaan ekonomi perempuan, Selasa.

"Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama bilateral antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama Pemerintah Afganistan yang didukung Pemerintah Jerman melalui lembaga Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit(GIZ)," kata Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi Kemen PPPA, Muhammad Ihsan.

Menurut dia, kunjungan ini merupakan rangka kegiatan "Workshop on the Development of Women Enpowerment through Home Industry in Indonesia" yang berlangsung pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2019 di Yogyakarta.

"Salah satu agenda kegiatannya yaitu 'study visit' yang menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pemberdayaan ekonomi perempuan di Desa Prima yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, dalam kunjungan ini delegasi Afganistan ingin melihat pemberdayaan perempuan di aspek ekonomi seperti apa.

"Dan mereka belajar banyak tentang Desa Prima yang sudah berjalan di Sleman ini," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini mengatakan bahwa saat ini jumlah Desa Prima yang ada di Kabupaten Sleman mencapai 21 kelompok dan industri rumahan berjumlah 18 kelompok.

"Sumber dana program ini berasal dari APBN dan APBD dimana saat ini jumlah uang yang beredar di dalam kelompok-kelompok tersebut mencapai Rp932 juta," katanya.

Menurut dia, program ini adalah bentuk upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan perempuan karena perempuan memiliki peran penting dalam ketahanan keluarga.

"Peningkatan ekonomi perempuan dapat dilakukan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dengan melibatkan segenap peran lintas sektor terkait," katanya.

Ia mengatakan, tujuan umum dari Desa Prima yaitu menurunkan tingkat kemiskinan suatu wilayah melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan secara terpadu dan bersinergi.

"Kami berharap dengan kunjungan ini dapat membawa manfaat dengan menularkan pengalaman yang telah dilakukan Kabupaten Sleman terkait pemberdayaan ekonomi perempuan di daerah atau negara lain. Kunjungan ini juga menambah motivasi kami untuk terus berupaya mengembangkan pemberdayaan ekonomi perempuan di wilayah kami," katanya.

Baca juga: Memulihkan ekonomi perempuan pascabencana Sulteng

Baca juga: Indonesia sambut inisiatif Iran tingkatkan pariwisata dan penguatan perempuan

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019