Garut (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, objek wisata alam Tangkuban Perahu di Kabupaten Bandung Barat ditutup untuk dikunjungi wisatawan pascaerupsi yang terjadi, Jumat (26/7).

"Jelas kalau wisata ditutup sementara, karena situasi dan kondisi sepeti itu," kata Uu usai menghadiri acara seribu anak menggiring bola di Kabupaten Garut, Sabtu.

Baca juga: PVMBG: Gunung Tangkuban Parahu masih berpotensi erupsi

Ia menuturkan, Gunung Tangkuban Perahu terjadi erupsi yang menjadi ramai di pemberitaan dan pemerintah serta unsur terkait sudah melakukan tindakan tepat.

Menurut dia, hasil laporan peristiwa itu tidak membahayakan manusia, semua dalam kondisi aman selama mengikuti arahan dan instruksi dari aparat berwenang.

"Insya Allah tidak membahayakan, aman-aman saja oleh karena itu saya paham masyarakat tenang saja, ikuti instruksi dari pemerintah, informasi dari pemerintah," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung api tersebut untuk menghindari ancaman yang membahayakan manusia.

"Jadi jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak dianjurkan pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, Gunung Tangkuban Perahu terjadi erupsi pada Jumat pukul 15.48 WIB yang tidak didahului oleh peningkatan kegempaan vulkanik.***3***

Baca juga: Tagana bantu evakuasi pengunjung Tangkuban Parahu
Baca juga: Posko bencana sudah disiagakan di Tangkuban Perahu
Baca juga: ACT terjunkan relawan pascameletusnya Gunung Tangkuban Parahu

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019