Padang, (ANTARA) - Direktur Women Crisis Center Nurani Perempuan Yefri Heriani terpilih sebagai Kepala Ombudsman Sumatera Barat periode 2019-2024.

"Alhamdulillah proses seleksi telah selesai, terpilih Yefri Heriani sebagai Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat periode 2019-2024," kata Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar Adel Wahidi di Padang, Selasa.

Menurut dia Kepala Ombudsman Sumbar terpilih akan dilantik di Jakarta pada 28 Juli 2019.

Baca juga: Ombudsman temukan indikasi pungutan liar di Lapas Perempuan Padang

"Tidak terasa amanah pelaksana tugas ini hampir dua tahun, terima kasih juga atas dukungan masyarakat, pemerintah daerah, lembaga dan kementerian vertikal," kata Adel.

Ia mengaku optimistis kinerja pengawasan layanan publik akan lebih baik lagi, akan banyak masyarakat yang terbantu, akan banyak lagi layanan publik yang berhasil diperbaiki dan di awasi.

Yefri Heriani merupakan lulusan Magister Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unand yang berkecimpung di LSM bergerak di bidang advokasi perempuan.

Baca juga: Ombudsman Sumbar minta Kemenag buka layanan pengaduan umrah

Sebelumnya sebanyak 22 nama bersaing dalam seleksi jabatan Kepala Ombudsman perwakilan Sumatera Barat setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Panitia Seleksi.

"Usai seleksi administrasi semua kandidat akan mengikuti serangkaian tes mulai dari ujian tertulis, profil assesment dan wawancara," kata Adel.

Ia menyebutkan 22 nama yang akan mengikuti ujian tulis tersebut yaitu Abdi Arga, Afrianto Korga, Amran, Armin Hadi, Arnaldi Putra, Disna Gusmaladevi, Frenadin Adegustara, Gentasri, Herryzal, M Sjahbana Syams, Mahyudin, Maiyulnita.

Baca juga: 22 kandidat bersaing jadi Kepala Ombudsman Sumbar

Kemudian Mawardes, AKBP Rafli A Razak, Revianto, Sesvil, Sudarto, Syafrizal Tanjung, Syahrial, Yaswirno, Yefri Heriani dan Zaiyar.

"Setelah pada seleksi serupa tahun lalu tidak satu kandidat pun yang dinyatakan lulus Ombudsman kembali mengadakan seleksi untuk kepala perwakilan Sumbar dan akhirnya terpilih Yefri Heriani," kata Adel.

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019