KPK beri pembekalan antikorupsi anggota DPRD Kota Probolinggo

id roadshow kpk kota probolinggo,pembekalan antikorupsi,anggota dprd kota probolinggo

Penasihat KPK Budi Santoso saat memberikan arahan kepada anggota DPRD Kota Probolinggo (Foto Humas Pemkot Probolinggo)

Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan sosialisasi pembekalan antikorupsi kepada anggota DPRD Kota Probolinggo baik anggota DPRD 2014-2019 maupun calon anggota DPRD terpilih periode 2019-2024, serta partai politik di ruang sidang utama DPRD Kota Probolinggo, Jawa Timur, Rabu.

"Saya berharap anggota dewan yang lama mampu menularkan kepatuhan terhadap LHKPN kepada 18 calon anggota DPRD baru yang terpilih untuk periode 2019 – 2024 karena hal itu salah satu indikator atau niatan baik sebelum menjabat," kata Penasihat KPK Budi Santoso di Kota Probolinggo.

Dari anggota DPRD Kota Probolinggo periode 2019-2024 tercatat sebanyak 12 anggota dewan petahana juga hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Baca juga: Pemprov Lampung dan KPK bangun sinergitas terkait pencegahan korupsi

Baca juga: Pengamat: Pimpinan KPK mendatang harus upayakan pencegahan

Baca juga: KPK : Pencegahan korupsi di Pemkot Bandung perlu disempurnakan


Ia juga menjelaskan forum tersebut sebagai pembekalan bagi para calon anggota legislatif terpilih sebelum ditetapkan sebagai anggota DPRD Kota Probolinggo 2019-2024, sehingga para politisi itu tidak sampai terjerumus ke hal-hal yang sifatnya terlarang dan DPRD Kota Probolinggo bisa menerapkan good goverment dan clean goverment.

"Respon dari calon anggora legislator terpilih yang lama maupun yang baru, dan para partai politik sangat antusias mendengarkan acara sampai selesai, sehingga diharapkan hal itu merupakan itikat baik dari mereka untuk lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Budi berharap anggota DPRD Kota Probolinggo dapat menjalankan amanah dan kepercayaan rakyat selama lima tahun ke depan dengan membawa aspirasi masyarakat, sehingga tidak ada satu pun yang berurusan dengan KPK di tengah perjalanannya.

"Untuk DPRD Kota Probolinggo selama ini tidak ada indikasi gratifikasi sehingga apa yang terjadi itu menunjukkan realitas di lapangan yang sebenarnya. Saya optimis para caleg terpilih bisa menjalankan amanah yang lebih baik dari periode sebelumnya dan saya tekankan supaya kedisiplinan dan kejujuran menjadi salah satu poin untuk anggota DPRD terpilih," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudiyanto Ghofur mengucapkan rasa terima kasih dan menyambut baik kehadiran KPK di Kota Probolinggo dan memberikan sosialisasi kepada anggota dewan.

"Kegiatan itu diharapkan dapat memberikan pencerahan dan pemahaman yang benar tentang pencegahan antikorupsi atau pemberantasan korupsi sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas," katanya.

Dalam rangka sinergitas pemerantasan korupsi, lanjut dia, perlu adanya sosialisasi, transparasi dan pelaksanaan yang akuntabel sehingga mampu membentuk aparatur pemerintah yang bersih, berkredibel, berintegritas, dan bercitra positif dalam menjalankan roda pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kota Probolinggo.

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar