Darah yang didapat 67 kantong, jumlahnya lumayan ...
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Administrasi Jakarta Utara mengumpulkan 67 kantong darah dari kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PT LRT di Stasiun Velodrome Rawangun Jumat siang.

“Darah yang didapat 67 kantong, jumlahnya lumayan jika dibandingkan dengan acara donor darah serupa,” kata petugas PMI Fifi usai acara donor darah di Jakarta, Jumat.

Kantong darah tersebut, sebanyak 20 kantong untuk golongan darah A, 17 kantong untuk golongan darah B, 25 kantong dari golongan darah O dan lima kantong golongan darah AB.

Baca juga: LRT akan adakan donor darah di Stasiun Rawamangun

Lebih lanjut Fifi menyampaikan, PMI menyambut baik acara yang digagas oleh LRT itu. Meskipun stok darah pasca-lebaran aman, PMI tetap membutuhkan sumbangan darah guna mengantisipasi terjadinya kekurangan.

Sedangkan melalui pengecekan kesehatan yang terdiri dari pengukuran tensi, cek gula darah sewaktu, dan cek asam urat dari 50 peserta 13 diantaranya memiliki kadar asam urat di atas normal.

“13 kadar asam uratnya di atas normal, batasnya 6,0 untuk wanita dan 7,0 untuk pria,” kata Marcomm rumah sakit OMNI Desriyani Ginting.

Baca juga: LRT gelar donor darah dan cek kesehatan gratis dalam gerbong kereta

Lebih lanjut Desriyani menyampaikan, untuk masyarakat yang memiliki kadar asam di atas ambang normal akan diberi masukan maupun saran untuk pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit terdekat.

Acara yang baru pertama kali diselenggarakan oleh PT LRT itu, digelar di lantai tiga stasiun LTR Velodrome Rawamangun Jakarta Timur dari pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan menggandeng PMI dan rumah sakit OMNI.

Baca juga: Pemerintah ajak masyarakat jadikan donor darah sebagai gaya hidup

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019