Tim dokter juga menyampaikan perkiraan Bu Wali Kota akan boleh pulang satu atau dua hari ke depan, perkiraan Selasa (2/7) atau Rabu (3/7) ini,..
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin yang kondisi kesehatannya saat ini terus membaik diprediksi akan pulang dari RSUD dr.Soetomo, Kota Surabaya, Jawa Timur, dalam waktu satu atau dua hari ke depan.

"Tim dokter juga menyampaikan perkiraan Bu Wali Kota akan boleh pulang satu atau dua hari ke depan, perkiraan Selasa (2/7) atau Rabu (3/7) ini," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser di Surabaya, Senin.

Menurut dia, setelah dipindahkan dari ruang ICU ke ruang rawat inap RSUD Soetomo, kondisi Wali Kota Risma terus membaik hingga saat ini. Bahkan, Senin pagi wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga sudah makan bubur dan sup merah.

"Tadi juga sudah makan sendiri. Setelah itu, tim dokter juga sudah melakukan rehap medik untuk melatih gerakan-gerakan bu wali kota, jadi tadi didampingi," kata Fikser.

Baca juga: Jokowi besuk Risma di RSUD Soetomo Surabaya

Berdasarkan hasil rapat rutin tim dokter yang menangani Wali Kota Risma, lanjut dia, memutuskan bahwa kondisi Wali Kota Risma sudah stabil. Bahkan, obat-obat yang masuk ke tubuhnya sudah mulai dikurangi.

Fikser juga menceritakan bahwa saat kondisinya mulai pulih, Wali Kota Risma menanyakan berbagai perkembangan dan pembangunan Surabaya kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya. Beberapa Kepala OPD sudah melaporkan perkembangan pembangunan Surabaya kepada Wali Kota Risma, meskipun yang dilaporkan itu masih hal-hal yang ringan.

"Tadi pagi beberapa Kepala OPD sudah melapor kepada bu wali. Beliau tanya-tanya pembangunan Surabaya, memang tidak semuanya yang melaporkan, hanya beberapa OPD. Jadi, meskipun beliau masih sakit, yang dipikirkan hanya Surabaya," katanya.

Direktur Utama RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuadi membenarkan bahwa kondisi Wali Kota Risma sudah lumayan sehat. Saat ini, obat-obatnya lebih diarahkan kepada pil-pil. "Kalau ini tidak ada masalah, maka satu atau dua hari ke depan sudah boleh pulang," kata Joni.

Ia juga memastikan bahwa apabila nanti Wali Kota Risma sudah diperbolehkan pulang, maka tim dokter akan memberikan catatan yang harus dijaga oleh Wali Kota Risma, salah satunya harus banyak istirahat dulu, minum obat teratur dan tidak boleh lambat makan.

"Berkat doa-doa semua pihak, recovery Bu Risma ini sangat cepat, kita prediksi tujuh hari, tapi ternyata lima hari saja sudah sehat. Semoga terus sehat dan segera pulang," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Khofifah jenguk Risma di RS Graha Amerta
Baca juga: Wali Kota Risma: Saya akan segera pulih

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019