Bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk tanggap dan kepedulian Pemerintah Aceh khususnya terhadap bencana yang menimpa di Bireuen.
Aceh Besar (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Provinsi setempat menyerahkan bantuan masa panik kepada korban bencana puting beliung yang terjadi di Kabupaten Bireuen pada Sabtu (22/6).

Bantuan masa panik tersebut diserahkan langsung Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati yang diterima Bupati Bireuen, Saifannur di Bireuen, Senin (24/6).

“Bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk tanggap dan kepedulian Pemerintah Aceh khususnya terhadap bencana yang menimpa di Bireuen,” kata Dyah.

Di sela-sela menyerahkan bantuan tersebut, ia mengatakan dirinya ingin melihat langsung kondisi pascabencana di lapangan, sehingga bantuan yang disalurkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan korban bencana.

“Kondisi yang kita lihat rata-rata atapnya rusak. Alhamdulilah bantuannya sudah sesuai, ada triplek, paku, seng dan nanti lain-lain akan kita tambahkan,” katanya.

Dalam penyerahan bantuan tersebut turut hadir Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani dan Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri.

Baca juga: BPBD Makassar salurkan bantuan material korban puting beliung

Ada pun bantuan yang diberikan berupa sandang atau bahan bangunan rumah masing-masing seng, paku, cat dan beberapa bahan kebutuhan lainnya untuk tempat tinggal.

Bantuan dari Pemerintah Aceh tersebut diterima langsung oleh Bupati Bireuen Saifannur yang nantinya pemkab setempat akan menyalurkan bantuan kepada seluruh masyarakat yang tertimpa musibah di kabupaten itu.

Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, mengatakan penyerahan bantuan sandang dan pangan untuk korban bencana puting beliung di Bireuen merupakan perintah langsung dari Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Pihaknya akan terus memantau segala kekurangan dan kebutuhan masyarakat yang tertimpa musibah selama masa rehabilitas berlangsung.

Berdasarkan laporan dari posko Tagana Dinsos Kabupaten Bireuen, angin kencang di sertai hujan ringan melanda sebagian wilayah Kabupaten Bireuen sekira pukul 18.00, Sabtu, 22 Juni 2019. Angin kencang tersebut mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan.

Ada 11 kecamatan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut. Di antaranya, Kecamatan Simpang Mamplam, Pandrah, Jeunieb, Peudada, Jeumpa, Juli, Kota Juang, Kuala, Peusangan, Jangka dan Peusangan Siblah Krueng.

Baca juga: BPBD salurkan bantuan Rp300 juta korban puting beliung di Kupang

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019