Bandung (ANTARA) - DPRD Provinsi Jawa Barat menilai rencana Pemprov Jawa Barat yang akan menggratiskan biaya sumbangan pembinaan dan pendidikan ( SPP) untuk sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK sangat realistis.

"Kami menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang kembali merencanakan penggratisan SPP gratis di tingkat SMA dan SMK negeri di Jawa Barat. Itu sangat realistis," kata Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya, di Bandung, Selasa.

Politisi Fraksi PKS DPRD Jawa Barat ini mengatakan di era Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yakni pada tahun 2014-2015 Pemprov Jawa Barat telah menggratiskan SPP SMA dan SMK, sebelum pengelolaan SMA dan SMK diambil alih pemerintah provinsi.

Sehingga dengan dasar pengalaman tersebut, dirinya menilai rencana Gubernur Jabar Ridwan Kamil program SPP gratis untuk tingkat SMA dan SMK di Jabar pun dinilai masuk akal dan bisa dilakukan kembali.

"Jadi secara teknis, karena sudah pernah dilakukan, rencana itu realistis banget. Waktu itu dibantu dana BOS dari pusat, BPMU atau Bantuan Pendidikan Menengah Universal dari provinsi, kemudian dibantu juga oleh dana dari kabupaten dan kota setempat," kata Abdul Hadi.

Dia menuturkan setelah Pemprov Jabar mengambil alih pengelolaan SMA dan SMK maka bantuan dari pemerintah kabupaten dan kota setempat dicabut.

"Sehingga pada akhirnya, siswa harus membayar kembali ratusan ribu rupiah untuk SPP," kata dia.

Menurut dia, apabila Pemprov Jawa Barat bisa menganggarkan dana lebih untuk menggratiskan SMA dan SMK, katanya, hal tersebut mungkin terjadi, tergantung political will gubernurnya.

"Itu di Jawa Timur sudah diberlakukan tahun ini. Kami segera kunjungan ke sana untuk melihat seperti apa proses supaya bisa APBD mengeluarkan uang lebih untuk menggratiskan pendidikan," kata dia.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang menggodok dan mematangkan rencana untuk menggratiskan biaya sumbangan pembinaan dan pendidikan (SPP) untuk sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK.

"Jadi tadi sudah dibahas, Insya Allah saya sebagai Gubernur Jawa Barat sedang merencanakan tahun depan jika tidak ada halangan maka SMP dan SMA SPP-nya itu bisa gratis," kata Gubernur Emil usai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate Bandung, Senin (17/6).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini Emil belum menjelaskan secara rinci tentang skema rencana menggratiskan SPP tersebut.

Akan tetapi, Gubernur Emil berharap kebijakan baru tersebut bisa meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat Jawa Barat.

"Mohon doanya dan Insya Allah Pemprov Jawa Barat telah menghitung kalau tidak ada halangan maka SPP SMP, SMA, dan SMK gratis tahun depan," kata Emil.

Baca juga: SPP SMP-SMA gratis Jabar butuh anggaran Rp2 triliun
Baca juga: Warga Bandung tagih janji sekolah gratis




 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019