Informasi Bendungan Benanga Samarinda jebol, ini penjelasannya

id samarinda,bendungan benanga,hoaks

Sejumlah petugas dan relawan mengevakuasi warga dari Perumahan Griya Mukti yang terendam banjir di Jalan PM Noor, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (11/6/2019). Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin menyatakan banjir di Kota Samarinda yang terjadi sejak H+3 lebaran tersebut semakin meluas hingga meliputi tiga kecamatan yaitu Samarinda Utara, Samarinda Ulu dan Sungai Pinang. ANTARA FOTO/HO/Novie Hendriana/foc.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Melalui unggahan di media sosial beredar informasi mengenai banjir yang melanda Kota Samarinda di Kalimantan Timur diakibatkan oleh jebolnya bendungan Benanga yang berada di wilayah tersebut. Dalam unggahan tersebut selain dipasang foto yang menggambarkan situasi banjir di Samarinda juga ditambahkan narasi Samarinda berduka, banjir melanda bendungan jebol.

Klaim     :  banjir yang terjadi di Kota Samarinda akibat jebolnya bendungan Benanga
Rating   :  salah/disinformasi

Penjelasan 
Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin saat meninjau langsung lokasi Bendungan Benanga di Samarinda pada Sabtu (8/6) dan memastikan bahwa informasi mengenai jebolnya bendungan tersebut tidak benar. Banjir yang terjadi diduga akibat akibat dari hujan yang mengguyur sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi, sehingga menyebabkan beberapa kawasan terendam banjir.

Cek fakta: Samarinda tanggap darurat banjir
Cek fakta: Prajurit TNI bantu warga terdampak banjir di Samarinda
Cek fakta: Pemerhati sungai nilai banjir Samarinda akibat alihfungsi rawa

 
Tangkapan layar klarifikasi hoaks subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pewarta : Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar