pada Jumat (7/6)  arus balik mulai terjadi di Jalinsum  namun didominasi oleh pemudik dari luar provinsi itu.
Jambi (ANTARA) - Puncak arus balik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) antara Kota Jambi-Muaro Jambi-Batanghari pada Lebaran 2019 diperkirakan terjadi pada H+5.

“Perkiraan kami puncak arus balik terjadi pada H+5, yang akan didominasi oleh pemudik antarkabupaten dalam Provinsi Jambi yang akan masuk kantor pada  Senin,” kata Bintara Pos Pelayanan Mudik Simpang BBC Polres Batanghari Renol di Jambi, Jum’at.

Sementara itu pada Jumat (7/6)  arus balik mulai terjadi di Jalinsum  namun didominasi oleh pemudik dari luar provinsi itu.

Baca juga: Sepeda motor ramaikan arus mudik di Jalinsum H-2 Lebaran

Baca juga: Arus lalu lintas di Jalan Medan-Lubuk Pakam masih normal

 
Ia mengimbau pemudik yang akan melakukan perjalanan balik untuk  mengecek kembali kendaraannya. Seperti rem kendaran, ban dan kelengkapan lainnya agar tidak terjadi kejadian yang tidak di inginkan dengan kendaraan yang digunakan saat dalam perjalanan.

Pada musim mudik Lebaran 2019 ini terjadi penurunan intensitas arus lalu lintas di Jalinsum tersebut. Pada mudik Lebaran 2018, dalam satu menit kendaraan yang melintas antara 50 sampai 200 kendaraan. Namun pada tahun ini, dalam satu menit kendaran yang melintas antara 20 sampai 100 kendaraan.

“Banyak faktor yang menyebabkan penurunan intensitas arus mudik itu, bisa jadi banyak yang tidak mudik dan juga terjadi pengalihan arus lalu lintas pada musim mudik tahun ini,” kata Renol.

Selain itu, angka kecelakaan pada musim mudik 2019 ini terbilang nihil, dari H-7 sampai dengan hari ini hanya terdapat satu kecelakaan di Jalinsum itu, yakni di simpang Sungai Buluh. Itupun merupakan kecelakaan tunggal dan tidak terdapat korban luka maupun korban jiwa. Sementara pada musim mudik 2018, di setiap titik rawan kecelakaan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Sejak pos pelayanan ini didirikan kendaraan yang melintas berkisar 1.000 sampai 1.500 kendaraan,” kata Renol.

Baca juga: Arus balik di jalinsum ruas Lampung ramai lancar

Baca juga: Arus balik di Jalinsum dimulai Jumat H+3

Baca juga: Arus mudik Jalinsum Jambi-Muaro Jambi-Batanghari lengang

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019