Deliserdang (ANTARA) - Arus lalu lintas di sepanjang jalur mudik jalan Lintas Sumatera Medan-Lubuk Pakam khususnya di wilayah Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara pada H-6 lebaran 2019 masih terlihat normal seperti hari biasanya.

Pantauan Jumat, arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera tersebut masih belum terlihat peningkatan khususnya di Kecamatan Tanjung Morawa hingga Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Kendaraan yang melintas, baik mobil pribadi, bus dan truk serta kendaraan roda dua masih cukup laju berjalan tanpa hambatan karena memang kondisi jalan yang sangat baik serta masih belum terlihat padat.

"Masih cukup lancar. Mungkin Sabtu atau Minggu nanti baru padat kendaraan," kata R. Simbolon, salah seorang petugas yang ditemui sedang mengatur arus lalu lintas di Jalinsum Tanjung Morawa.

Lancarnya arus lalu lintas juga tidak terlepas dari siaganya petugas di sejumlah titik-titik rawan kemacetan, seperti di persimpangan tol serta Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa atau persimpangan menuju Bandara Kualanamu Deliserdang.

"Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar. kami mengingatkan kepada pengemudi agar berhati-hari selama dalam perjalanan, Pentingkan keselamatan dari pada kecepatan. Kalau letih lebih baik istirahat ditempat istirahat yang sudah tersedia sepanjang jalan," katanya.

Ia juga menyampaikan kemungkinan Jalan Lintas Sumatera Tanjungmorawa hingga Lubuk Pakam tidak akan sepadat tahun-tahun sebelumnya, mengingat jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sudah beroperasi.

"Artinya pengemudi yang tujuan luar provinsi ataupun ke sejumlah kabupaten yang jauh dari Medan tentunya akan memilih melalui jalan tol. Tapi kalau yang mudiknya hanya dekat-dekat saja kemungkinan melalui jalan biasa," katanya.

Baca juga: Para pemudik jalan lintas tengah Sumatera bermalam di SPBU
Baca juga: Kapolda Jambi cek pos pengamanan di lintas Sumatera
Baca juga: Ini titik-titik rawan kecelakaan di Jalinsum Batanghari, Jambi

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019