KPK harapkan menteri yang akan dipilih diisi orang profesional

id KPK, MENTERI, JOKO WIDODO, PROFESIONAL

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/5/2019). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengharapkan menteri-menteri yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo dalam kabinet yang akan datang diisi oleh orang-orang yang profesional.

"Kemarin kan disebut ada yang disebut katanya zaken kabinet (kabinet yang diisi dari kalangan ahli). Bahwa itu adalah orang-orang profesional yang kalau dia bicara lingkungan hidup dia paham. Kalau dia umpamanya di keuangan, dia mengerti betul sebenarnya Indonesia bisa ngumpul berapa uang lagi," kata Saut di gedung KPK, Jakarta, Selasa.

Selanjutnya, Saut pun mengharapkan agar menteri yang dipilih nantinya dapat menerapkan "zero tolerance" terhadap segala tindak pidana korupsi.

"Dengan 'zero tolerance' tegas bahwa sekecil apapun pelanggaran itu harus ada sanksinya. Oleh sebab itu, kalau kita bicara 'zero tolerance' barulah kemudian kita bisa mendekati apa yang disebut strategi nasionalnya dan strategi nasional sekarang kita berada di KPK dengan tiga prioritas pendapatan negara, perizinan, dan kemudian penegakan hukuman," tuturnya.

Selanjutnya, Saut pun mengharapkan agar menteri-menteri yang dipilih nantinya mempunyai integritas.

"Kemudian kalau ketemu dengan orang-orang yang berintegritas, dipilih orang orang berintegritas KPK akan lebih gampang ikutin iramanya," ungkap dia.

Menurutnya, jika sudah mempunyai integritas maka dapat membangun tata kelola yang baik dalam pemerintahan.

"Katakan lah banyak impian-impian kita tentang APBN menjadi Rp4.000 triliun yang pernah kita sebut itu. Kemudian kita melakukan penindakan itu akan menjadi lebih cepat, kesejahteraan menjadi lebih baik dan kalau kesejahteraan lebih baik kemudian dunia luar melihat kita lebih tertib," ucap Saut.

Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar