Polisi masih selidiki kecelakaan KA Jayakarta lawan kendaraan di Solo

id Polisi masih penyedikan, kasus kecelakaan KA dengan kendaraan

Dua mobil ambulance saat membantu para korban di lokasi kecelakaan di Perlintasan kereta api palang Purwosari Laweyan Solo, Senin malam. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Satuan lalu lintas Polres Kota Surakarta masih melakukan penyelidikan kejadian kecelakaan antara kereta api Jayakarta dengan mobil Toyota Yaris nopol B 1992 EKZ dan tiga sepeda motor di perlintasan Purwosari Laweyan Solo, Senin malam.

Menurut Kanit Laka Satlantas Polres Kota Surakarta Iptu Bambang Subekti di lokasi kejadian peristiwa itu, kejadian kecelakaan antara kereta api dengan sebuah mobil Yaris dan tiga kendaraan masing dalam penanganan di lokasi kejadian.

Bambang mengatakan kejadian tersebut melibatkan KA Jayakarta Premium rute Solo Balapan - Jakarta dengan mobil Toyota Yaris dengan tiga kendaraan, tetapi enam korban hanya mengalami lokasi ringan dan sudah dibawa ke rumah sakit kasih Ibu dan Panti Waluya Solo.

"Peristiwa itu, terjadi sekitar pukul 19.26 WIB, ketika KA Jayakarta melintas dari arah timur Solo Balapan menuju timur, sedangkan mobil dan empat kendaraan melintas dari arah timur Jalan Slamet Riyadi Purwosari menuju barat," katanya.

Namun, dua pengemudi mobil Toyota Yaris warna putih berhasil menyelamatkan diri keluar dari mobilnya. Sedangkan tiga pengendara sepeda motor yang berada di belakang Yaris itu, mengalami luka-luka saat kereta menabrak mobil," katanya.

Mobil Yaris tertabrak kereta api terseret hingga sekitar 100 meter dari lokasi kejadian. Mobil saat tersenggol kereta dalam kondisi penumpang kosong karena dua penumpangnya sudah menyelamatkan diri.

"Kami masih mendalam kecelakaan ini, saat kejadian apakah pintu palang terbuka atau tertutup masih dalam penyelidikan," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima di lokasi kejadian saat kecelakaan KA Jayakarta melibatkan satu unit mobil Yaris dan tiga kendaraan kondisi, tetapi korban hanya mengalami luka ringan.

Menurut Angga saat kejadian berada tidak jauh dari lokasi peristiwa tersebut berawal dari pintu palang perlintasan yang tertutup saat ada kereta api kesehatan dari arah barat menuju Stasiun Purwosari.

Menurut Angga kemudian setelah kereta pertama melintas pintu palang dibuka dan sejumlah kendaraan dari arah timur melintas ke barat. beberapa menit kemudian pintu kembali akan ditutup dan mobil dan sepeda motor dari arah barat posisi berada di perlintasan.

"KA Jayakarta kemudian melintas dari timur ke barat kecelakaan tidak bisa dihindari, dan untungnya dua penumpang mobil itu, bisa keluar dari mobil dan selamat dari maut," katanya.

Sementara pihak kepolisian bersama petugas SAR kini masih melakukan evakuasi bangkai mobil Toyota Yaris warna putih dari lokasi kejadian.

Baca juga: 43 jiwa melayang di perlintasan KA Sumbar lima tahun terakhir

Baca juga: KA Rapih Dhoho tabrak Avanza di Tulungagung, sopir tewas

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar