Sorong (ANTARA) - Kantor Syabandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat melakukan apel kesiapan melakukan pengamanan arus mudik Lebaran 2019/1440 Hijriah, Senin.

Apel kesiapan pengamanan mudik lebaran yang dipimpin oleh Kepala KSOP Kelas 1 Sorong M Takwim Masuhu dihadiri unsur TNI, Polri, Pelindo IV, Pelni, dan Karantina Kesehatan dan Pertanian.

Kepala KSOP Kelas 1 Sorong M Takwim Masuhu mengatakan bahwa kesiapan pihaknya untuk arus mudik lebaran tahun ini difokuskan pada pelayaran laut terutama kesiapan terminal penumpang yang diprediksi terjadi lonjakan penumpang pekan ini.

Selai itu, kata dia, pengamanan dan pelayanan mudik lebaran juga dilakukan di pelabuhan rakayat sorong yang melayani arus penumpang antarkabupaten.

Menurut dia, petugas gabungan bersama keamanan disiagakan di pelabuhan utama Sorong guna memastikan keselamatan dalam pelayaran sehingga arus mudik kali ini aman.

"Kami akan membuat pos terpadu di pelabuhan utama Sorong guna melayani penumpang mudik lebaran terutama pelayanan memberikan informasi," ujarnya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Sorong Ipda M Jihad Fajar Balman mengatakan, pihaknya siap mengamankan arus mudik dengan personel 20 orang setiap kapal yang sandar di pelabuhan laut Sorong.

"Pengamanan tersebut guna memberikan kenyamanan masyarakat yang melakukan mudik lebaran baik dari Kota Sorong, maupun yang datang dari luar Kota Sorong,"tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019