Forum pimpinan PT se-Sulawesi serukan jaga persatuan bangsa

id Antara Sulsel

Sejumlah rektor PT se-Sulawesi melakukan deklarasi untuk mengajak seluruh elemen bangsa menjaga persatuan dan kesatuan di Makassar, Senin, (20/5).ANTARA FOTO/Abd Kadir/19

Makassar (ANTARA) - Forum pimpinan perguruan tinggi Se-Sulawesi Selatan dan PTS se-Sulawesi menyerukan sekaligus mengimbau seluruh elemen masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA di Makassar, Senin, mengatakan deklarasi yang dilakukan bersama para pimpinan PT se-Sulawesi ini sebagai bentuk komitmen pihak kampus dalam menyikapi kondisi terkini yang dialami bangsa khususnya menjelang pengumuman hasil pemilu 22 Mei 2019.

"Deklarasi "Pesan Makassar" berisikan enam poin yang intinya untuk menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia," katanya

Untuk poin pertama dari deklarasi yang dibacakan Prof Dwia yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur adalah cita-cita bersama Bangsa Indonesia.

Kedua yakni menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, yang disertai semangat persaudaraan merupakan syarat mutlak dalam mewujudkan kedaulatan, keadilan dan kemakmuran bangsa di tengah kemajemukan.

Ketiga yakni perbedaan pendapat dan sikap politik harus disikapi secara wajar selama bersifat rasional dan proporsional serta berada dalam koridor negara hukum berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Keempat, kini saatnya menunjukkan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin. Pengalaman dalam ber-bhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan adalah bukti nyata yang diakui dunia.

Kelima, masa depan bangsa dapat dicapai jika seluruh anak bangsa menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan serta mengamalkan jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran.

Serta yang terakhir yakni dengan energi kebersamaan, dan upaya terus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa serta menghindari menghabiskan energi dalam perselisihan dan perpecahan, maka bangsa Indonesia akan percaya diri, berani bersaing, dan berprestasi dalam persaingan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

"Oleh karena itu, kami Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Sulawesi Selatan dan PTS Se-Sulawesi menghimbau kepada seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk senantiasa menjaga perdamaian, mengedepankan persatuan dan persaudaraan, bersikap saling menghargai terhadap adanya perbedaan serta selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok," ujarnya.

"Hal ini sejalan dengan upaya menghormati perjuangan dan pengorbanan serta amanat para pahlawan bangsa dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjut dia.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita semua, Bangsa Indonesia, dalam menjaga keutuhan NKRI dan meneguhkan semangat bersatu dan bersaudara untuk membawa Indonesia menuju negara maju dan jaya," tutupnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar