Makassar (ANTARA) - Pengurus Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) Pusat Makassar periode 2019-2023 akan mendatangkan Imam Besar Masjid New York Amerika Serikat, Dr R Shamsi Ali untuk meramaikan acara buka puasa di Makassar, 25 Mei 2019.

Ketua Umum KKB Pusat Makassar Andi Badi Sommeng di Makassar, Sabtu, mengatakan sengaja mengundang DR Syamsi Ali karena merupakan putra daerah Bulukumba juga.

Dalam agenda tersebut Shamsi Ali akan melakukan berbagai kegiatan, seperti membawakan ceramah dan zikir bersama pada buka puasa KKB di Four Points Makassar juga akan melakukan Safari Ramadan ke Bulukumba.

"Seusai buka puasa bersama di Four Points akan dilanjutkan Tarawih dan Nusulul di Almarkas Makassar. Esok harinya dilanjutkan dengan shalat subuh di Masjid Al Ikhlas Perumahan Dosen Unhas Tamalanrea, kemudian lanjut ke Kajang Bulukumba,” jelasnya.

Shamsi Ali juga dijadwalkan salat Duhur di Masjid Nurul Jihad Desa Lembanna Kajang, lalu Salat Asar di Mesjid Tanete Bulukumba, kemudian buka puasa di Rujab Bupati Bulukumba sekaligus salat Magrib.

“Beliau juga akan melakukan salat Tarawih di Masjid Dato Tiro, kota Bulukumba sebelum kembali ke Jakarta dan Amerika," tutupnya.

Sementara Ketua Panitia buka puasa, H Syamsul Bakir Hamid, selain kegiatan buka bersama Syamsi Ali serta para perantau Butta Panrita Lopi Bulukumba yang ada di Kota Makassar, Gowa dan Kabupaten Maros ini juga akan menyiapkan sejumlah kegiatan baik lomba maupun aksi sosial.

"Momen Ramadan ini kami ingin mengeratkan silaturahmi dengan masyarakat Bulukumba yang ada di tanah rantau. Kami juga ikut menggandeng mahasiswa asal Bulukumba yang ada di Kota Makassar untuk menyelenggarakan berbagai lomba religi," tuturnya.

Ia menyebutkan sejumlah rangkaian lomba yang akan memeriahkan buka puasa bersama yang menargetkan kurang lebih seribu undangan ini seperti lomba tilawah (mengaji), ceramah dan adzan.

Pesertanya adalah mahasiswa asal Bulukumba yang ada di kota Makassar. "Jadi syaratnya adalah pemuda dan mahasiswa asal Bulukumba. Hadiahnya cukup menarik yaitu ada uang tunai, tropy dan sertifikat," terangnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019