Wagub Sulsel ingatkan soal zakat pertanian di Sidrap

id Antara Sulsel

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan ceramah tarawih di Masjid Agung Sidrap, Jumat.(17/5).ANTARA FOTO/HO/Humas Pemprov Sulsel/Abdul Kadir).

Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi Kabupaten Sidrap dalam agenda Safari Ramadhan 2019, Jumat, sekaligus mengingatkan soal pembayaran zakat pertanian di salah satu daerah lumbung padi Sulsel tersebut.

Kegiatan safari Ramadhan yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Maritengngae, Sidenreng Rappang (Sidrap) itu dimulai dengan buka puasa bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap dan masyarakat.

"Kesyukuran tinggal diperbaiki, salah satunya yang wajib, adalah zakat. Zakat dikeluarkan ketika sudah memenuhi jumlahnya," kata Andi Sudirman.

"Pertanian yang pengairannya menggunakan air hujan, air sungai, dan mata air yang tidak memerlukan biaya, zakat yang harus dikeluarkan adalah 10 persen. Pertanian yang pengairannya menggunakan irigasi atau sumber air yang harus mengeluarkan biaya, jumlah zakat yang harus dikeluarkan 5 persen," jelasnya.

Andi Sudirman berpesan kepada masyarakat Sidrap untuk mempelajari zakat pertanian.

Jumlah yang dikiaskan dengan zakat pertanian hanya nisabnya, bukan besaran zakat yang harus diambil. Jadi, angka 2,5 persen tidak berhubungan dengan zakat pertanian.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar