Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Argentina Gabriela Michetti memotivasi penyandang disabilitas khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk terus semangat berprestasi dan membangun bangsa.

"Keadaan orang pasti beda-beda ada yang punya pendukung yang membantu memberikan semangat, ada yang membantu secara finansial, ada yang membantu secara fisik, tapi sebenarnya semua itu adalah faktor dari luar. Yang penting adalah dari dalam diri kita sendiri, kita jangan pernah kehilangan semangat untuk maju terus berjuang dan kalau kita sudah memilik semangat ini tidak ada yang bisa mengalahkan kita," kata Wapres Argentina Gabriela dalam sambutannya saat kunjungan kerja di Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu.

Kunjungan Wakil Presiden Argentina itu disambut oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita dan pejabat di lingkungan kementerian itu serta 300 penerima manfaat penyandang disabilitas.

Dia menuturkan negara harus hadir bagi para penyandang disabilitas untuk membantu mereka mengembangkan potensi mereka dan meraih impian mereka.

"Saya juga percaya bahwa Tuhan akan terus membantu, dan memang keluarga bukan dari keluarga yang kaya tapi cukup untuk membangkitkan semangat hidup saya dan mungkin tidak semua orang seberuntung saya, tapi di situlah negara diperlukan untuk hadir untuk membantu orang-orang seperti saya supaya bisa terus semangat dan bisa terus membangun dirinya dan mencapai dan menjalani kehidupan tanpa kendala," ujarnya.

Gabriela mengatakan sejak kecelakaan yang menyebabkan kelumpuhan pada 1994, dia bergabung dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi untuk terus bekerja membangun negara dan masyarakatnya.

"Saya tidak pernah membayangkan bisa menjadi wapres (wakil presiden) dan saya tidak pernah mempersiapkan diri untuk menjadi wakil presiden, yang saya lakukan sejak mengalami kecelakaan tahun 1994 itu adalah membentuk kelompok atau bekerjasama dengan orang-orang di sekitar saya untuk bisa membantu membangun negeri saya, Tanah Air saya," tuturnya.

Dia mengaku beruntung dikelilingi sumber daya yang mendukung dan tidak mengalami kesulitan untuk perawatan semenjak kecelakaan mobil karena ayah dan kakaknya memiliki profesi sebagai dokter.

Selain itu, dukungan keluarga dan teman-teman juga membantu Gabriela membangkitkan semangat dan berjuang untuk hidup mandiri.

"Saya punya teman-teman dan keluarga yang sangat perhatian kepada saya, setiap hari selama dua tahun itu menelepon saya menanyakan gimana keadaan kamu, apa yang kamu perlukan, ada yang bisa dibantu, dan itu membangkitkan semangat saya sambil bisa menerima keadaan saya," tuturnya.

Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kedatangan wapres Argentina memberikan motivasi dan pesan positif bahwa disabilitas tidak menghalangi seseorang untuk berprestasi.

"Kita bisa lihat bahwa signal yang diberikan ibu wapres kondisi apapun termasuk disabilitas itu tidak bisa membatasi seseorang berprestasi, seseorang untuk bisa mengaktualisasikan dirinya, mungkin pesan itu yang mau disampaikan ibu wapres," tuturnya.

Dia menuturkan wapres Argentina ingin memberikan pengalaman, berbagi pandangan dan informasi serta memberikan motivasi dan inspirasi bagi penyandang disabilitas yang ada di Indonesia.

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019