Pleno PPK Sirimau masih berlanjut

id Pleno ppk sirimau masih berlanjut

Proses penghitungan suara tingkat PPK Sirimau belum rampung pada tanggal 4 Mei dan diperpanjang hingga tanggal 11 Mei 2019, namun Ketua PPK, Victor Pattiasina menargetkan penghitungan berakhir tanggal 10 Mei karena tersisa 100 TPS asal Desa Batumerah. (8/5) (Daniel Leonard)

Ambon (ANTARA) - Rapat pleno Panitia Pemungutan Suara Kecamatan Sirimau, Kota Ambon hingga saat ini masih terus berlanjut karena masih tersisa 100 tempat pemungutan suara (TPS) asal Desa Batumerah yang belum selesai dihitung.

"Pleno PPK dimulai tanggal 18 April 2019 dan sesuai jadwalnya berakhir tanggal 4 Mei kemarin, namun masih ada perpanjangan masa penghitungan suara dari KPU kota hingga tanggal 11 Mei 2019," kata Ketua PPK Sirimau, Victor Pattiasina di Ambon, Rabu.

Namun PPK Sirimau menargetkan proses penghitungan suaranya berakhir tanggal 10 Mei 2019 agar jadwalnya bisa disesuaikan dengan rapat pleno di tingkat KPU Kota.

"Hari ini kami melakukan pleno penghitungan suara hingga pukul 17:00 WIT dan diskorsing pada saat berbuka puasa baru dilanjutkan lagi hingga tengah malam," jelas Victor.

Terdapat 398 TPS pada 14 kelurahan di PPK Sirimau yang harus diselesaikan proses penghitungannya dan kini tersisa 100 TPS asal Desa Batumerah yang masih dilakukan penghitungan.

Sejak dilakukan penghitungan suara untuk TPS Desa Batumerah awal Mei lalu, awalnya dilakukan pending terhadap delapan TPS karena terkait dengan masalah pembuktian administrasi dan pemahaman KPPS, tetapi itu tidak jadi kendala sebab proses rekapitulasinya masih terus berjalan hingga hari ini.

"Batas waktu rekapitulasi suara di tingkat PKK adalah tanggal 4 Mei 2019 dan mudah-mudahan PPK Sirimau bisa menyelesaikan prosesnya hingga selesai paling lambat pukul 00:00 WIT," katanya.

Bila proses rekapitulasi PPK sudah rampung baru dilakukan rapat pleno untuk menetapkan perolehan suara Presiden/Wapres, DPR RI, DPD RI, DPR provinsi, serta DPRD kabupaten dan kota.

Selain PPK Sirimau, PPK Nusaniwe juga masih melakukan penghitungan suara sedangkan yang sudah rampung melakukan pleno PPK adalah dari Kecamatan Leitimur Selatan.

Pewarta : Daniel Leonard
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar