Batam (ANTARA) (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengundurkan waktu pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat kota setempat karena perhitungan di tingkat kecamatan masih belum selesai.

"KPU akan menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota di Kantor KPU Kota Batam pada hari Minggu (5/5)," kata anggota KPU Kota Batam Zaki Setiawan di Batam, Jumat.

Awalnya, pihaknya merencanakan rapat pleno pada hari Sabtu (4/5). Namun, karena masih banyak kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi, rencana rapat pleno di tingkat kota ditunda hingga 5 Mei 2019.

Menurut Zaki, pengunduran itu masih diperbokehkan karena sesuai dengan tahapan, rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten/kota harus selesai pada tanggal 7 Mei 2019.

Saat ini, kata dia, sudah tiga panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang telah menyelesaikan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan, yaitu PPK Bulang, Belakangpadang, dan Galang.

PPK lainnya dijadwalkan menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan pada tanggal 4 Mei 2019, yaitu Nongsa, Batuampar, Lubukbaja, Seibeduk, Batuaji, Bengkong, dan Batam Kota.

PPK Sagulung dan Sekupang diupayakan bisa menyelesaikan rekapitulasi hingga batas akhir 4 Mei. Hal ini mengingat di kedua kecamatan ini jumlah TPS-nya sangat banyak dan ada beberapa kendala yang menghambat rekapitulasi.

Jika masih ada PPK yang belum selesai rekapitulasi hingga 5 Mei, lanjut Zaki, KPU Kota Batam tetap akan melangsungkan pleno di tingkat kota.

"Jadi, pleno di tingkat kabupaten/kota tetap bisa jalan meskipun belum seluruh PPK selesai pleno," katanya.

Sambil menunggu PPK lain menyelesaikan pleno, pihaknya akan melaksanakan rekapitulasi terhadap kecamatan-kecamatan yang sudah selesai.

Ia berharap rapat pleno di tingkat KPU Kota Batam bisa berlangsung lancar dan tidak banyak kendala.

"Mengingat KPU Kabupaten Batam hanya merekapitulasi saja hasil dari kecamatan-kecamatan, semua persoalan di tingkat TPS seharusnya sudah tuntas saat pleno di kecamatan," kata Zaki.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019