Koba, Babel, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara di daerah itu berjalan kondusif.

"Proses pencoblosan di dua TPS yaitu TPS 04 Desa Air Mesuk dan TPS 10 Desa Beluluk, Kecamatan Pangkalanbaru berjalan kondusif," kata Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, dua TPS tersebut harus dilaksanakan pemungutan suara ulang karena ditemukan kesalahan yaitu ada beberapa pemilih pindahan yang menggunakan KTP elektronik tidak dilengkapi form A5.

"Jumlah mata pilih di TPS 04 terdapat sebanyak 283 orang dan TPS 10 tercatat sebanyak 150 mata pilih, namun kami belum mendapat laporan tingkat partisipasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, PSU untuk dua TPS tersebut dilaksanakan pada Sabtu (27/4) dan logistik dikirim satu hari menjelang pencoblosan.

"Seperti biasa pendistribusian logistik dikawal sejumlah aparat kepolisian, demikian juga pengamanan di TPS dibantu sejumlah aparat kepolisian," ujarnya.

Ia menjelaskan, pemungutan suara ulang di TPS 04 dan TPS 10 dilaksanakan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku untuk menjawab keraguan publik.

"PSU ini sudah sesuai aturan, bahkan sebelumnya memang sudah disiapkan beberapa koli surat suara khusus untuk PSU," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019