Pada 21 April, semua karyawan di JTP 2 akan menggunakan baju Kartini
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Jatim Park Group yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Batu, Jawa Timur, menyatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan pada libur panjang 19-21 April 2019 diperkirakan mengalami peningkatan mencapai 20 persen.

Marketing and Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto, mengatakan bahwa peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut terjadi pada beberapa wahana yang dikelola oleh JTP Group, yakni Jatim Park 3, Jatim Park 2, dan Museum Angkut.

"Untuk long weekend ini, perkiraan peningkatan mencapai 20 persen," kata Titik, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

Biasanya, lanjut Titik, pada akhir pekan normal, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan di wahana wisata yang dikelola JTP Group berkisar antara 2.000-3.000 orang. Pada libur akhir pekan panjang ini, diperkirakan akan meningkat 20 persen dari jumlah tersebut.

Titik menambahkan, dalam upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung khususnya di Jatim Park 2, pihaknya menyiapkan konsep peringatan Hari Kartini, dimana seluruh karyawan pada wahana tersebut akan mengenakan pakaian bertema Kartini.

"Pada 21 April, semua karyawan di JTP 2 akan menggunakan baju Kartini," ujar Titik.

Jatim Park Group merupakan salah satu pengelola destinasi wisata di Kota Batu, yang memiliki konsep edukasi dan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengembangannya. Saat ini, terdapat kurang lebih 11 pusat rekreasi yang berada di bawah pengelolaan Jatim Park Group.

Beberapa diantaranya adalah, Jawa Timur Park 1 yang memiliki wahana museum tubuh, Jatim Park 2 dengan Museum Satwa, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park, Museum Angkut, dan Predator Fun Park.

Tercatat, pada 2017, total jumlah wisatawan yang mengunjungi wahana JTP Group mencapai 2,5 juta orang. Sementara pada 2018, diperkirakan ada peningkatan kurang lebih sebanyak 500 ribu orang.

Wilayah Malang Raya merupakan salah satu destinasi liburan favorit di wilayah Jawa Timur. Kebanyakan, para wisatawan yang menyukai wisata perkotaan, akan menghabiskan waktu di Kota Malang, untuk wisata pegunungan di Kota Batu, dan bagi wisatawan yang menyukai wisata pantai akan berkunjung di wilayah Kabupaten Malang.

Sebagai catatan, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Batu pada 2018 mencapai 5,6 juta kunjungan, dengan komposisi 5,58 juta wisatawan dari dalam negeri, dan wisatawan mancanegara sebanyak 16.386 kunjungan. Sementara pada 2019, ditargetkan kunjungan wisatawan di kota tersebut mencapai 5,8 juta kunjungan.

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019