Kegiatan 'Pemilu Run' ini lebih kepada pemberian edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat, juga simulasi pencoblosan di TPS untuk menghindari banyaknya suara hangus."
Koba, Babel, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis partisipasi pemilih dalam pemilu serentak pada 17 April 2019 di daerah itu sangat tinggi.

"Kami optimistis partisipasi masyarakat sangat tinggi, bahkan bisa di atas target partisipasi nasional," kata anggota KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, KPU Bangka Tengah menargetkan partisipasi pemilih di daerah itu mencapai 75 persen atau bahkan bisa mencapai target nasional sebesar 77,5 persen.

"Kami merasa yakin karena berbagai upaya sudah dilakukan, melalui sosialisasi kepada masyarakat baik yang dilakukan pihak KPU maupun relawan demokrasi dan bahkan partai peserta pemilu juga berupaya meningkatkan partisipasi," ujarnya.

Ia mengatakan, peran relawan demokrasi sangat besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih karena mereka bertugas memberikan edukasi politik dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk datang ke TPS.

"Selain itu kami juga gencar melakukan sosialisasi ke sejumlah lembaga pendidikan, sasaran kami adalah pemilih pemula," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 7 April 2019 KPU seluruh Indonesia secara serentak menggelar "Pemilu Run" dalam rangka meningkatkan partisipasi.

"Kegiatan 'Pemilu Run' ini lebih kepada pemberian edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat, juga simulasi pencoblosan di TPS untuk menghindari banyaknya suara hangus," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019