Jakarta (ANTARA) - Sejumlah soal matematika beserta kunci jawaban Ujian Nasional (UN) Matematika SMA beredar di jejaring percakapan Line pada Selasa.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya menerima laporan dugaan kebocoran soal dan jawaban mata pelajaran Matematika di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Kami telah berkoordinasi dengan Kemendikbud untuk  memeriksa dan menindaklanjuti kasus tersebut. Kami sedang menyelidiki apakah soal yang tersebar asli atau bukan," ujar Bambang.

Soal Matematika beserta kunci jawaban yang bocor tersebut merupakan hasil jepretan kamera terhadap layar komputer pada saat pelaksanaan UNBK. Soal tersebut  terdapat di grup Line yakni Square UNBK.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, mengatakan pengawas jangan lengah dalam mengawasi UNBK. Seharusnya para siswa tidak boleh membawa ponselnya saat berlangsungnya UN.

"Dalam hal ini, pengawasnya yang dipertanyakan mengapa bisa sampai tersebar foto-foto soal itu," kata Didik.

Saat ini Kemendikbud sedang menyelidiki kasus bocornya soal UNBK tersebut. Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud sedang menyelidiki jejak digital akun yang menyebarkan foto soal UN itu.

Sebanyak 2.019.680 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Tanah Air mengikuti Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan pada 1,2,4, dan 8 April.

Para siswa SMA/MA tersebut akan mengikuti UN yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Sebanyak 97,8 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 2,2 persen Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Sementara UN SMA/MA susulan akan dilakukan pada 13 April hingga 14 April 2019.


Baca juga: Lima narapidana anak di Palembang ikut Ujian Nasional
Baca juga: Kemenag pastikan UNBK madrasah lancar hingga ke pelosok
 

Pewarta: Indriani
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019