Hari ini semua surat suara yang rusak akan kami rekap dan dikirim berita acara melalui KPU Babel untuk dikirim penggantinya
Koba, Babel, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini mulai merekap jumlah surat suara Pemilu 2019 yang rusak.

"Hari ini semua surat suara yang rusak akan kami rekap dan dikirim berita acara melalui KPU Babel untuk dikirim penggantinya," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, semua data surat suara rusak saat ini masih berada pada masing kelompok atau petugas pelipatan dan penyortiran.

"Semuanya akan direkap jika pelipatan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten sudah selesai dihitung dan dilipat," ujarnya.

Namun demikian, Rusdi meyakini jumlah surat suara yang rusak tidak akan begitu banyak dan tidak akan menunggu lama menunggu surat suara penggantinya.

"Pengiriman surat suara pengganti tentu tidak lagi melalui ekspedisi karena jumlahnya tidak akan banyak, bisa dikirim melalui pesawat saja," ujarnya.

Ia menjelaskan, surat suara itu dinyatakan rusak karena berbagai sebab di antaranya surat suara sobek, ada bercak tinta, foto calon tidak tercetak atau hanya kertas kosong dan penyebab lainnya.

"Kerusakan yang demikian sudah kami sortir menjadi surat suara rusak, namun belum kami rekap sehingga jumlah total belum diketahui," ujarnya.

Baca juga: KPU Gunung Kidul temukan ribuan surat suara rusak
Baca juga: Distribusi logistik ke kepulauan Masalembu 8 April
Baca juga: KPU Medan kembali buka pengurusan pindah memilih
Baca juga: KPU Kulon Progo belum banyak terima permohonan izin kampanye terbuka

 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019