Imunisasi polio diberikan kepada 35.583 anak di Mimika-Papua

id imunisasi polio,Kabupaten Mimika,Papua

Pemberian imunisasi polio kepada anak usia 0 tahun hingga 15 tahun yang digelar Rumah Sakit Bantuan TNI AD Kodim 1710 Mimika, Provinsi Papua. (FOTO ANTARA/HO-ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Sebanyak 34.583 anak usia 0 tahun hingga 15 tahun di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menerima imunisasi polio yang khusus digelar menyikapi merebaknya kasus polio di Kabupaten Yahukimo baru-baru ini.

Penaggung jawab imunisasi Dinas Kesehatan Mimika, Usman La Ali Muda di Timika, Selasa, mengatakan kegiatan sub PIN Polio 2019 di Mimika menyasar sekitar 57.354 anak.

"Secara resmi kegiatan sub PIN Polio dimulai 18 Maret. Beberapa puskesmas memulai lebih awal agar menyasar lebih banyak anak mengingat pengalaman sebelumnya banyak orang tua di Timika tidak menghendaki anaknya diberikan imunisasi polio," kata Usman.

Sejauh ini, katanya, baru enam dari sebanyak 23 puskesmas di Mimika yang telah melaporkan data cakupan sub PIN polio ke pusat data Dinkes Mimika.

Puskesmas yang belum melaporkan data cakupan sub PIN polio-nya, kata dia, yaitu puskesmas yang berada di wilayah pegunungan dan pesisir.

"Kami harapkan puskesmas di pegunungan dan pesisir segera melaksanakan sub PIN polio sehingga Mimika bisa mencapai minimal 95 persen cakupan pemberian imunisasi polio," kata Usman.

Program Sub PIN Polio kepada anak usia 0 tahun hingga 15 tahun merupakan perintah Kementerian Kesehatan kepada semua kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat menyikapi temuan kasus polio di Yahukimo pada Januari lalu.

Pada 2018, semua daerah di Papua dan Papua Barat juga menggelar kegiatan imunisasi massal campak, rubela ditambah polio kepada anak usia 0 tahun hingga 15 tahun lantaran adanya temuan kasus polio di negara tetangga, Papua Nugini.

Indonesia sendiri telah dinyatakan sebagai negara bebas dari kasus polio oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Penanggung jawab imunisasi Puskesmas Pasar Sentral Timika, Bidan Riliana mengatakan jajarannya telah melakukan imunisasi polio kepada anak-anak usia 0 tahun hingga 15 tahun di wilayah Puskesmas Pasar Sentral.

Pelayanan imunisasi polio dilakukan melalui kegiatan Posyandu pada 19 lokasi, sekolah-sekolah mulai dari TK-SMP di wilayah Puskesmas Pasar Sentral dan Rumah Sakit Bantuan TNI-AD Sempan.

"Kami di Puskesmas Pasar Sentral sudah mulai dari 4 Maret setelah ada pemberitahuan dari Dinkes Mimika. Kami harapkan semua anak usia 0 tahun hingga 15 tahun wajib ikut imunisasi polio untuk memberikan kekebalan tubuh mereka dari penularan penyakit polio," kata Bidan Riliana. 

Baca juga: Kadiskes Papua minta Kemenkes perpanjang PIN Polio

Baca juga: Lima kabupaten di Papua belum laporkan cakupan PIN Polio

Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar