Tentunya kami libatkan pihak terkait dalam hal sumbangan ini, dari BPKP sehingga bisa mengawal dana ini dengan baik. Ini baru dana tunai masuk ke rekening resmi. Kami berharap hari ini sudah bisa digunakan atau dicairkan
Jayapura (ANTARA) - Bupati Jayapura Mathius Awaitaouw menyebutkan total bantuan dalam bentuk dana tunai dari sejumlah pihak untuk korban banjir bandang di Sentani senilai Rp5,4 miliar lebih.

"Total dana yang masuk di rekening BRI untuk korban pengungsi Rp5,4 miliar lebih, dan sepertinya akan terus bertambah," katanya didampingi Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki dan Sekda Papua TEA Heri Dosinaen di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat.

Menurut dia, dalam hal pengelolaan dana tersebut Pemerintah Kabupaten Jayapura melibatkan pihak berkompeten agar bisa
tepat sasaran.

"Tentunya kami libatkan pihak terkait dalam hal sumbangan ini, dari BPKP sehingga bisa mengawal dana ini dengan baik. Ini baru dana tunai masuk ke rekening resmi. Kami berharap hari ini sudah bisa digunakan atau dicairkan," tambahnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa Pemerinah Kabupaten Jayapura telah mengucurkan dana Rp6 miliar untuk penanganan banjir bandang di daerah itu dan meminta rekan-rekan media untuk selalu membantu memberitakan bantuan bahan pokok atau pun dana dari berbagai pihak.

"Kita sudah keluarkan tanggap darurat selama 14 hari dan bersamaan itu mengeluarkan uang Rp6 miliar. Kalau ada pihak yang sudah memberi tapi belum terdata bisa disampaikan dan didata ulang," katanya.

Sementara itu, TEA Heri Dosinaen mengemukakan terkait bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, Gubernur Lukas Enembe
telah menginstruksikan kepada para kepala daerah di Papua agar ikut membantu meringankan beban dengan memberikan bantuan
kepada korban banjir bandang.

"Pak Gubernur Lukas Enembe sudah memerintahkan para bupati atau kepala daerah agar membantu Pemerintah Kabupaten
Jayapura," ujarnya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019