Denpasar (ANTARA News) - "Forum Intelektual for Jokowi" melakukan deklarasi dukungan kepada capres nomor urut 01, yang bertepatan dengan nonton "bareng" (nonbar) pelaksanaan debat calon presiden pada putaran kedua, di Kota Denpasar, Minggu malam.

Koordinator "Forum Inteletual for Jokowi", Made Bakta di Desa Budaya Kertalangu, Kota Denpasar, Bali, mengatakan bersama masyarakat intelektual dan kaum mahasiswa melakukan deklarasi untuk mendukung kemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma`ruf Amin (Jokowi-Amin).

"Kami bersama masyarakat intelektual menghimpun diri ke dalam Forum Intelektual for Jokowi mendeklarasikan diri untuk kemenangan calon nomor urut 01. Alasannya, karena Jokowi selama menjadi Presiden Ke-7 RI, sudah banyak bekerja untuk kemajuan diberbagai bidang," ujar Made Bakta yang juga mantan Rektor Universitas Udayana Bali.

Menurut dia, pasangan Jokowi-Amin sangat tepat memimpin lima tahun ke depan lagi untuk Indonesia. Sebab banyak program-program yang terus dilanjutkan dan dituntaskan untuk pembangunan di Tanah Air.

"Saya mengamati kepemimpinan Jokowi selama lima tahun sudah banyak kemajuan di berbagai bidang, di antaranya dari pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan dan sumber daya alam serta energi," ujarnya.

Selain itu, kata dia, dalam masalah lingkungan di Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi sudah dapat diselesaikan secara perlahan-lahan, seperti bekas tambang sudah dilakukan reboisasi di Bukit Asam, sehingga diharapkan ke depannya akan lebih baik.

"Begitu juga soal kepemilikan tanah rakyat telah melakukan perubahan cukup besar, yakni reformasi agraria dengan menerapkan sertifikat tanah kepada masyarakat secara gratis melalui program nasional (prona)," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Capres Jokowi-Amin Provinsi Bali, IGN Alit Kelakan mengatakan pihaknya optimistis pasangan nomor urut 01 akan menang di Pulau Dewata.

"Kami optimistis pasangan yang kami dukung ini akan menang. Karena itu kami terus mengajak kepada elemen masyarakat mendukung kemenangan pasangan capres nomor 01 (Jokowi-Amin)," ucapnya.

Pada acara nonton bersama tersebut, dihadiri juga dari tim pemenangan Jokowi-Amin, kaum intelektual, dan para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Bali.

Debat capres kedua diikuti oleh capres 01 Jokowi dan capres 02 Prabowo Subianto.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019