Perlu kewaspadaan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan dapat disertai angin kencang
Bandarlampung, (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan kondisi cuaca buruk potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung Minggu hingga Senin (18/2) pagi.

Menurut BMKG, dalam pernyataan  tim prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Minggu pagi, kewaspadaan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan dapat disertai angin kencang diperkirakan di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Kabupaten Mesuji dan Tulangbawang pada siang, sore, dan malam hari.

BMKG menyampaikan apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui WhatsApp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via laman http://www.stametlampung.com.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 17 Februari pukul 07.00 WIB sampai dengan 18 Februari 2019 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah utara-timur laut dengan kecepatan antara 3-13 knots. Jarak pandang berkisar antara 4-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-32,5 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar antara 58-97 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 65-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung pagi hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Siang dan sore hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Metro, Kabupaten Tulangbawang Barat, dan Lampung Utara.

Malam hari diprakirakan hujan di sebagian besar wilayah Lampung.

Dini hari diprakirakan hujan di Pesisir Barat, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Kota Bandarlampung, dan Lampung Selatan.

Akibat hujan deras terjadi pada Sabtu (16/2) malam, sejumlah wilayah di Kota Bandarlampung mengalami banjir, seperti di kawasan Telukbetung, Sukarame dan beberapa wilayah lainnya. Banjir itu merendam sejumlah rumah warga setempat.

Baca juga: BMKG peringatkan potensi hujan lebat-angin kencang di lampung

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019