Malang (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Malang, Jawa Timur menggelar bakti sosial dengan membagikan 200 paket sembako di dua desa di Kabupaten Malang sebagai rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Sabtu.

Dua desa yang menjadi bidikan PWI dan HDCI adalah Desa Banturejo dan Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang. Dua desa itu merupakan wilayah terdampak paling parah letusan Gunung Kelud beberapa tahun lalu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berharap kegiatan mulia membantu sesama dan kurang mampu itu terus berlanjut, tidak hanya ketika ada momen HPN.

"Alhamdulillah bukan warga kami (Batu) yang menjadi sasaran bakti sosial pembagian paket sembako. Itu artinya, warga saya sudah mampu semua dan kami (pemerintah) juga masih sanggup untuk memberikan kesejahteraan bagi warga," tutur Dewanti.

Sementara itu, Ketua HDCI Malang raya Eddy Wahyono mengemukakan kegiatan bakti sosial, termasuk pemberian bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu dilakukan HDCI secara rutin setiap tahun dengan daerah sasaran yang berbeda-beda.

"Bakti sosial ini tidak hanya pemberian bantuan paket sembako, tetapi banyak kegiatan positif untuk membantu warga, seperti bersih-bersih lingkungan dan lainnya," kata Edy yang juga Ketua KONI Kota Malang tersebut.

Usai dijamu sarapan pagi oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, rombongan dilepas wali kota menuju sejumlah titik di Kecamatan Ngantang, yakni di SMA Ahmad Yani. Di SMA tersebut, pasukan dari HDCI yang dibantu kepolisian setempat mengenalkan "safety riding" sekaligus bagaimana teknis dan proses seseorang untuk memperoleh SIM.

Setelah berbagai ilmu, rombongan langsung menuju Desa Banturejo untuk membagikan paket sembako kepada 100 orang warga kurang mampu di desa setempat. Rombongan selanjutnya menuju Desa Pandansari dengan tujuan yang sama.  

Dalam rangkaian HPN 2019, PWI yang menggandeng berbagai pihak telah melakukan berbagai kegiatan, mulai dari khotmil Quran, pemberian santunan kepada anak yatim, ziarah ke makam para wartawan yang telah wafat, diskusi yang membahas berbagai persoalan di wilayah Malang Raya, serta diskusi wartawan lintas generasi.


Baca juga: Pakar: Pencabutan remisi Susrama jadi kado indah HPN
Baca juga: Pers jangan lelah kritik pemerintah

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019